Cara Mudah Memastikan Sinkronisasi Berhasil / Gagal Sinkron Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Sehubungan dengan masih adanya pertanyaan dari sebagian Rekan OPS pada saya tentang bagaimana caranya untuk memastikan bahwa proses sinkronisasi yang telah dilakukan pada aplikasi Dapodikdas 2013 dengan server Dapodikdas 2013 sudah berhasil atau gagal?

Oleh karena itu, artikel singkat ini saya buat dengan harapan dapat menjawab pertanyaan tersebut di atas, berikut tips praktis untuk mengetahui sekaligus memastikan sinkronisasi Dapodikdas 2013 sudah berhasil atau belum, sebagai berikut :

1.   Cek pada halaman “Progres Pengiriman”

Buka halaman “Progres Pengiriman” pada situs resmi Dapodik Ditjen Dikdas Kemdikbud. Jika telah tertera “Waktu Sync” pada baris di tab akhir sekolah Anda, dapat dipastikan sinkronisasi yang telah Anda lakukan tersebut berhasil, kemudian klik pada link aktif "nama sekolah" Anda, untuk memastikan PTK aktif telah terakomodir semuanya.


2.   Cek pada tabel “Update Log Sinkronisasi”

Lihat pada beranda Aplikasi Dapodikdas 2013 Anda, serta pastikan telah tercantum keterangan pada seluruh kolom isian yang berupa keterangan detail waktu sinkronisasi, di antaranya : 1. Mulai Sync, 2. Selesai Sync, dan 3. Selisih (waktu yang dibutuhkan untuk sinkronisasi dari aplikasi Dapodikdas 2013 dengan server Dapodik 2013 Ditjen Dikdas Kemdikbud).


Demikian artikel singkat ini saya share, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Cara Mudah Memastikan Sinkronisasi Berhasil / Gagal Sinkron Aplikasi Dapodikdas 2013"

  1. ass.. kenapa di tabel hasil sinkronisasi sekolah saya tidak muncul data PD..?? sampai hari ini masih kosong setelah sya cek di infopendataan.. sedangkan data ptk, rombel & dll muncul... makasi

    ReplyDelete