Cara Memindahkan Peserta Didik Ke Tab Utama Setelah Sinkronisasi Pertama Berhasil Pada Aplikasi Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Pada akhir-akhir ini, telah banyak Rekan-rekan OPS Dikdas yang telah berhasil melakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodikdas 2013, namun di antaranya masih ada yang belum berhasil memindahkan Peserta Didik baru ataupun PTK baru ke tabel utama Peserta Didik dan PTK dalam aplikasi Dapodikdas 2013 ini.

Berikut saya share informasi tentang bagaimana cara mengatasi Peserta Didik baru maupun PTK baru yang tidak dapat dipindahkan ke tabel utama PD maupun PTK pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang saya dapatkan dari salah satu artikel Pencerahan tentang Masalah Dapodikdas 2013 pada blog Sahabat di http://supiadi74.blogspot.com, sebagai berikut :

Info ini saya ambil dari tulisan salah satu pihak pengembang aplikadi Dapodikdas 2013.

Apabila  Server Store Procedure sudah dijalankan, jelas sync pertama  data diterima server dilakukan penyesuaian, dan ini server SP yang dipegang PDSP melakukan penyesuaian akan data yang diterima, server SP (Store Procedure) fungsinya mencari  penambahan PD dan PTK Baru jika setelah sinkronisasi pertama, maka data akan di update.

Pada Sync kedua, tahap ini data-data yang telah terekam server SP akan di update baik di beri tanda oleh server SP maupun yang telah di ubah dan akan dikirim kembali ke server utama Dapodikdas baru datanya kelihatan. ditandai merah.Jika Server SP Sudah dibuka dan di tandai merah?

Langkah-langkah memasukkan PD di ruang tunggu (khusus PD  yang  ditandai  merah), sebagai berikut :

1.     Pilih PD yang akan  dipindahkan  terus klik "Pindahkah ke tabel utama".
2.     Lengkapi data siswanya (data periodik, beasiswa, & prestasi  jangan dulu).
3.     Klik “Save terus close” (x).
4.  Klik icon refresh di kolom ruang tunggu (sehingga hilang nama PD tersebut).
5.      Klik “Tutup” (x) kolom ruang tunggu tersebut.
6.   Cari/pilih PD yang  sudah pindah ke tabel utama tersebut  kemudian lakukan “registasi“ sebagai siswa baru atau pindahan ke sekolah anda, kemudian klik “Save and close” (bagi SMP wajib isi No. Peserta SKHUN-nya).
7.    Cari dan pilih PD tersebut  kemudian klik “Ubah" dan isi data periodik siswanya.

PD BISA DIPINDAHKAN KE TABEL UTAMA JIKA:

ü     Sudah melakukan sinkronisasi dengan  lancar dan beruntung.
ü   Tambahan setelah sinkronisasi ada yang berhasil siswanya jadi ditandai merah ada juga yang tetap hijau alias belum bisa dipindahkan ada juga yang otomatis langsung pindah ke tabel utama.
ü   Jika yang  sudah langsung  pindah ke tabel utama, di ruang tunggu otomatis  PD  tersebut  hilang, jadi anda tinggal meregistrasi  dan melengkapi saja data PD tersebut  di ruang tunggu.

NB: 
Jika belum berhasil, PD yang di ruang tunggu masih ditandai hijau alias belum bisa dipindahkan ke tab utama lakukan sinkronisasi lagi...  Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Memindahkan Peserta Didik Ke Tab Utama Setelah Sinkronisasi Pertama Berhasil Pada Aplikasi Dapodikdas 2013"

Post a Comment