Cara Memindahkan Aplikasi Dapodikdas 2013 Dari Windows XP Ke Windows 7 / Dari Windows 8 Ke Windows 7

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Dalam proses backup data aplikasi Dapodikdas 2013 dari komputer satu ke komputer lainnya diperlukan langkah-langkah yang benar-benar teliti sekaligus hati-hati agar aplikasi baru sebagai hasil recovery / restore dari data backup benar-benar dapat menampilkan data-data dalam aplikasi yang sama persis dengan data-data yang telah tersimpan dalam aplikasi Dapodikdas 2013 yang telah berhasil di simpan dalam backup terakhir kalinya.

Sehubungan dengan hal tersebut, alhamdulillah dalam kesempatan liburan semester genap TP. 2013/2014 ini, di sela-sela pekerjaan input data-data, saya sempatkan untuk uji coba beberapa tips dalam artikel berikut, karena kebetulan OS (Operating System) yang saya gunakan pada 3 laptop yang berbeda, berbeda pula OS-nya. 

Oleh karena itu, saya akan share sedikit pengalaman saya tentang bagaimana cara memindahkan aplikasi Dapodikdas 2013 ke OS yang berbeda.

Namun dalam beberapa kali percobaan yang saya lakukan mengalami kegagalan, yakni saat memindahkan aplikasi Dapodikdas 2013 dari OS Windows 7 ke Windows XP dikarenakan pada Services (Local) elemen DapodikdasDB tidak dapat distar khususnya pada v.2.0.5, dan kenapa tidak bisa, kebetulan saya belum mendalaminya.

Selain kegagalan dalam memindahkan aplikasi Dapodikdas 2013 dari Windows 7 ke Windows XP, saya juga mengalami kegagalan saat mencoba memindahkan aplikasi Dapodikdas 2013 dari Windows 7 ke Windows 8, permasalahannya untuk elemen Service (Local) DapodikdasWebSrv-nya tidak berhasil saya start kembali, entah kenapa penyebabnya, saya juga belum sempat mendalaminya.

Setelah kegagalan-kegagalan di atas tidak menyurutkan percobaan saya yang berlangsung kurang lebih 6 jam lamanya dengan menggunakan 3 laptop yang berbeda OS-nya (Win XP, Win 7, dan Win 8). Alhamdulillah berbeda halnya jika memindahkan data dari Windows XP ke Windows 7 ataupun memindahkan aplikasi Dapodikdas 2013 dari Windows 8 ke Windows 7, alhamdulillah BERHASIL. Oleh karena itu, untuk saya pribadi lebih yakin menggunakan OS Windows 7 karena kenetralannya tersebut.

Oleh karena itu, di sini saya akan share tentang tips yang sudah berhasil saya ujicobakan saja, yakni tips / cara memindahkan backup aplikasi Dapodikdas 2013 dari OS Win XP ke OS Win 7 dan langkah-langkah memindahkan data backup aplikasi Dapodikdas 2013 dari OS Win 8 ke Win 7 saja.  Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemindahan backup dari OS satu ke OS yang lainnya tersebut, di antaranya :

1.     Sebelum melakukan tips ini secara lebih lanjut, silahkan backup / copy paste dulu 1 folder “Dapodikdas” Anda yang berasal dari Local Disc (C:) ==> “Program Files” ke Local Disc (D:) atau flash disc Anda.
2.     Saat proses backup data aplikasi Dapodikdas 2013, pastikan 2 elemen “Services (Local)” ini “Stopped”, yakni : DapdodikdasDb dan DapodikdasWbSrv.
3.     Kemudian “Start” kembali 2 elemen “Services (Local)” pada no. 2 di atas sebelum login ke aplikasi Dapodikdas 2013.
4.     Bila perlu, “Clear  All History” dari web browser default Anda yang digunakan menjalankan aplikasi Dapodikdas 2013.
5.     Pastikan copy paste juga data prefill dari folder “Prefill_dapodik” dari drive “C” ke laptop / PC yang akan digunakan untuk recovery / restore aplikasi Dapodikdas 2013 yang baru.

Selanjutnya, untuk memindahkan seluruh data aplikasi Dapodikdas 2013 dari OS (Operating System) Windows XP ke Window 7 adalah sebagai berikut :

Langkah pertama, perlakuan pada Laptop / PC yang menggunakan OS Windows XP adalah :

1.     Stop dulu “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”-nya melalui perintah pada start menu – Run – ketik “Service.msc” lalu Enter, setelah itu klik kanan pada masing-masing elemen tersebut, pilih “Stop”.
2.     Copy paste beberapa file pada flash disk untuk selanjutnya kita gunakan sebagai media penyimpanan sementara untuk install dan support aplikasi Dapodikdas pada OS pada komputer lain :
        a. Prefill Dapodik 
        b. Installer aplikasi Dapodikdas 2013 v.2.0.4 
        c. File backup “Dapodikdas”  
        d. Patch v.2.0.5

Setelah itu, lakukan langkah-langkah kedua sekaligus terakhir berikut pada laptop/PC yang menggunakan OS Windows 7 :

1.     Copy paste folder “Prefill_dapodik” dari drive “C” dari laptop / komputer OS Win XP ke posisi yang sama pada laptop / PC yang menggunakan sistem operasi Win 7.
2.     Install aplikasi Dapodikdas 2013 dengan menggunakan installer v.2.0.4 pada PC dengan OS Windows 7 yang baru.
3.     Pastikan “DapodikdasDb” dan “DapodikdasWebSrv” telah distop.
4.     Hapus 2 folder berikut dari C – Program Files – Dapodikdas : “database” dan “dataweb”
5.     Pindahkan / copy  2 folder “database” dan “dataweb” dari file backup “Dapodikdas” pada flash disck tadi ke “C” – “Program Files”, untuk menggantikan “database” dan “dataweb” yang telah dihapus sebelumnya pada no. 4 di atas.
6.     Kemudian “Start” kembali “DapodikdasDB” dan “DapodikdasWebSrv”-nya melalui perintah pada start menu – Run – ketik “Service.msc” lalu Enter, setelah itu klik kanan pada masing-masing elemen tersebut, pilih “Start”.
7.     Buka dan login ke aplikasi, lalu tekan F5 atau refresh aplikasi Dapodikdas 2013.

Dan untuk memindahkan data aplikasi Dapodikdas 2013 dari laptop / PC yang sistem operasi komputernya menggunakan Windows 8 ke Windows 7, caranya sama dengan tips di atas. Untuk melihat beberapa gambar yang berhubungan dengan tutorial ini, silahkan klik di sini…

Bagi Rekan-rekan OPS lainnya yang telah berhasil memindahkan data dari Win 7 ke Win 8 ataupun dari Win 7 / 8 ke Win XP, silahkan share di sini, karena saya sendiripun belum mencobanya kembali. Demikian share singkat mengenai bagaimana cara memindahkan aplikasi Dapodikdas 2013 dari OS yang berbeda. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

3 Responses to "Cara Memindahkan Aplikasi Dapodikdas 2013 Dari Windows XP Ke Windows 7 / Dari Windows 8 Ke Windows 7"

  1. iya bos.. tetep obyek tidak di temukan dan genap nan... (info awal katanya harus generate prefil tpi link untuk generate prefilnya masih tidak bisa di buka. pusing deech.. mna tenggat waktu semakin mendekat.

    ReplyDelete
  2. sama mas adenChump, sy udah coba tp hasil ny "OBYEK TIDAK DITEMUKAN"

    harus gimana nieehh???

    ReplyDelete
  3. Teman2 yang mau restore data dapodik dari OS XP ke win7 atau sebaliknya sampai sekarang (sudah path 208) memang belum bisa..dan kayaknya memang belum ada obatnya saya udah coba beberapa kali (kebetulan sya sering menangani sekolah lain). SOLUSINYA PINDAHKAN DATA NYA KE PLATOFRM OS YANG SAMA..

    ReplyDelete