Cara / Langkah Efektif Dalam Menumbuhkan / Membangkitkan Minat Baca Anak / Siswa

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Ada berbagai cara / strategi jitu untuk membuat anak / murid kita agar mempunyai minat baca yang tinggi atau setidak-tidaknya berhasil membangkitkan minat baca pada anak maupun peserta didik kita. 

Membaca adalah jendelanya dunia, dengan membaca wawasan anak akan semakin bertambah, dengan membaca, anak akan lebih tahu, dengan membaca pula ia akan dapat melakukan hal-hal yang lebih banyak lagi dan lebih terarah tentunya. 

Berikut langkah-langkah yang bisa kita dilakukan untuk membangkitkan minat baca pada anak, di antaranya :

1.         Jadilah role model bagi anak. Anak belajar sangat cepat dengan meniru. Coba ingat-ingat ketika anak Anda masih bayi, dia gampang sekali meniru apa yang Anda lakukan. Begitulah naluri dasar manusia dalam belajar. Siapa role model yang paling tepat? Tentu saja orangtua.

2.         Anak perlu ditunjukkan bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan, asyik, seru dan sangat berguna. Ini bisa dilakukan dengan menceritakan apa yang telah Anda baca dan betapa Anda senang karena telah mendapat manfaat dari membaca. Anda juga jelaskan bahwa mereka juga bisa memiliki buku yang cocok untuk usia mereka.

3.         Perbanyak buku Anda di rumah. Jika bisa Anda punya perpustakaan sendiri atau minimal rak buku. Ini akan menimbulkan bahwa membaca adalah hal yang biasa dan merupakan lifestyle dalam keluarga Anda. Justru aneh jika di dalam rumah tidak ada buku bacaan.

4.         Kalau sedang jalan-jalan ke mall, ajak anak Anda mengunjungi toko buku. Jadikan toko buku sebagai tempat rekreasi.

5.         Jangan takut bahwa anak akan jadi kutu buku. Santai saja… Tidak ada kutu buku jika bukunya sering dibersihkan. Anak yang terlihat kutu buku biasanya karena kurang bersosialisasi. Anda cukup memastikan bahwa anak Anda tidak hanya berteman dengan buku saja tetapi juga punya kehidupan sosial bersama tetangga, teman sekolah, teman les, teman ibadah, dan lain-lain. Social skill pada anak juga bisa dibentuk dengan banyak berkomunikasi antara anak dan orangtua.

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan untuk membangun minat membaca pada anak. Semakin dini usia anak semakin mudah Anda menumbuhkan minat membacanya. Kelima cara di atas lebih cocok untuk anak yang sudah lancar berkomunikasi. Jika anak Anda masih balita, tentu ini jauh lebih mudah, Anda cukup sering membacakan cerita dari buku kepada mereka dan biasakan mereka sering bertemu dengan buku. Dengan demikian mereka akan bertumbuh dalam lingkungan membaca.

Referensi Artikel : http://bacakilat.com

0 Response to "Cara / Langkah Efektif Dalam Menumbuhkan / Membangkitkan Minat Baca Anak / Siswa"

Post a Comment