Kepala Dinas Dikbudpora Tebo “Blusukan” Hingga di SMPN Satu Atap Sungai Karang

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pada hari Sabtu, 16 November 2013 menjadi momen spesial bagi admin yang menjadi salah satu bagian dari keluarga besar SMPN Satu Atap Sungai Karang, di mana pada hari tersebut kedatangan tamu istimewa sekolah, yakni Kadis Dikbudpora Tebo (Bapak Zulkifli, S.Pd, M.Si) sekaligus adanya peninjauan langsung ke sekolah dari Tim Asesor Akreditasi Sekolah / Madrasah Kabupaten Tebo yakni Bapak Syofyan. S, S.Pd dan Bapak Suhaimi, S.Pd. Tim Asesor Akreditasi SMP tiba di sekolah sekitar pukul 09.00 WIB.

Proses akreditasi sekolah ini merupakan salah satu usaha sekolah yang saat ini dipimpin oleh Ibu Mulyani AM, S.Pd.SD dalam rangka meningkatkan kredibilitas SMPN Satu Atap Sungai Karang sebagai lembaga pendidikan tingkat SMP yang berada di Desa Sungai Karang Kecamatan VII Koto Ilir Kabupaten Tebo yang tentunya diiringi dengan kualitas pendidikan sekolah yang terus semakin meningkat ke depannya.

Selang beberapa waktu kemudian, sekitar pukul 10.00 WIB, sekolah mendapatkan surprise istimewa, yakni sekolah dikunjungi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda, dan Olah Raga / Kadis Dikbudpora Kabupaten Tebo (Bapak Zulkifli, S.Pd, M.Si), dalam inspeksi mendadak tersebut, beliau didampingi Kepala UPTD Dikbudpora Kec. VII Koto Ilir (Bapak Supriadi, S.Pd).

Dalam kesempatan itu pula, Kadisdikbudpora Kabupaten Tebo menyempatkan diri ataupun meluangkan waktu kunjungannya ini dalam memberikan arahan dan motivasinya, bukan hanya kepada seluruh PTK yang ada di satuan pendidikan SD-SMP Satu Atap Sungai Karang, namun beliau juga memberikan motivasi langsung kepada seluruh siswa-siswi SDN No. 200/VIII Sungai Karang dan SMPN Satu Atap Sungai Karang dengan memasuki seluruh kelas yang ada, mulai dari kelas I hingga kelas IX, tak terkecuali juga tinjauan langsung beliau menemui peserta didik kelas X-Multimedia SMKS Cendekia yang baru mulai dirintis pada tahun pelajaran 2013/2014 yang sementara ini untuk proses kegiatan belajar mengajarnya masih meminjam ruang perpustakaan SMPN Satu Atap Sungai Karang.

Pada saat Bapak Zulkifli, S.Pd, M.Si berbincang-bincang di kantor guru SD 200/VIII Sungai Karang maupun SMPN Satu Atap Sungai Karang, beliau sempat menanyakan dari mana masing-masing guru berasal yang disertai dengan guyonan-guyonan segar beliau yang dapat menghangatkan suasana kami tersebut hingga jauh dari ketegangan. Selanjutnya beliau juga memberikan motivasi, arahan, sekaligus pesan, salah satunya agar sekolah menggunakan seluruh sarana maupun prasarana sekolah yang ada.

Selanjutnya motivasi ataupun pesan beliau selaku Kadis Dikbudpora Kabupaten Tebo kepada seluruh siswa-siswi SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang disambut dengan antusiasme tinggi dari seluruh peserta didik, karena penyampaian motivasi dari Bapak Kadis yang sangat inspiratif serta diselingi dengan gaya humoris cerdas beliau. Beberapa hal penting yang disampaikan yakni, seluruh peserta didik diharapkan jangan sampai putus sekolah dikarenakan menikah dini ataupun karena alasan-alasan lainnya, namun harus terus meningkatkan belajarnya dengan semangat tinggi hingga lulus SMP, setelah itu terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, baik SMA, SMK, maupun sederajat, dan setelah lulus SMA / sederajat, melanjutkan lagi pendidikannya hingga minimal dapat mencapai S-1 (Sarjana), karena saat ini pendidikan hingga Sarjana merupakan tingkat pendidikan yang harus diselesaikan sebagai tuntutan perkembangan jaman, apalagi di masa-masa mendatang, berpendidikan sarjana menjadi prasyarat utama untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan yang strategis dalam bidangnya baik dalam profesi pegawai negeri maupun swasta.

Sehubungan dengan penyampaian motivasi dan pesan beliau kepada seluruh peserta didik di SMPN Satu Atap Sungai Karang di atas, pada saat ini pun sudah mulai terjadi, salah satunya dengan adanya penerimaan CPNS Daerah yang ditentukan diantaranya peserta ujian minimal harus berijazah S1, tak terkecuali dalam bidang swasta, perusahaan-perusahaan telah banyak yang membuka lowongan dengan prasyarat pertama dari pelamar harus sudah memiliki ijazah S1.

Pada setiap peserta didik dari kelas VII, VIII, dan IX SMPN Satu Atap Sungai Karang, Kadis Dikbudpora Kabupaten Tebo, Bapak Zulkifli, S.Pd, M.Si juga menjanjikan akan adanya penambahan 3 (tiga) ruang kelas belajar baru bagi SMPN Satu Atap Sungai Karang dari DAK (Dana Alokasi Khusus) pada tahun anggaran 2014 mendatang, mengingat jumlah keseluruhan siswa SMPN Satu Atap Sungai Karang yang terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya jumlah keseluruhan peserta didik di SMPN Satu Atap Sungai Karang saat ini mencapai 107 siswa, di samping itu pula telah adanya unit sekolah baru yakni SMKS Cendekia dengan jurusan Multimedia – Teknik Komputer dan Informatika yang saat ini masih menggunakan ruang perpustakaan SMPN Satu Atap Sungai Karang. “Apabila pada tahun ajaran 2014/2015 belum ada penambahan ruang kegiatan belajar yang baru, maka akan terjadi masalah di SMPN Satu Atap Sungai Karang karena kekurangan ruang untuk belajar peserta didik”, dan kunjungan saya ke sekolah ini saya harap bukanlah merupakan kunjungan terakhir dari saya”. pungkasnya.

Pada akhir “blusukan” beliau kali ini juga memberikan apresiasi kepada segenap keluarga besar SMPN Satu Atap Sungai Karang atas semangat tinggi seluruh Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang sebagian besarnya terdiri dari guru-guru yang masih berusia muda, kemudian beliau juga memberikan apresiasi kepada segenap keluarga besar SMPN Satu Atap Sungai Karang atas prestasi sekolah saat mewakili SMP Kabupaten Tebo dalam ajang Gebyar TIK Provinsi Jambi 2013, serta berhasil meraih juara 3 Website tingkat SMP Provinsi Jambi tahun 2013 ini.

Melalui artikel online ini, kami keluarga besar SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang (SDN No. 200/VIII Sungai Karang dan SMPN Satu Atap Sungai Karang) mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Zulkifli, S.Pd, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Dikbudpora) Kabupaten Tebo yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk mengunjungi langsung sekolah kami yang berada di pelosok ini. Ucapan terimakasih juga kami haturkan kepada Bapak Supriadi, S.Pd selaku Kepala UPTD Dikbudpora Kab. Tebo atas segala dukungan, bimbingan, dan arahan terkait program-program sekolah yang lebih baik.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya juga kepada Tim Asesor Akreditasi Sekolah yakni Bapak Syofyan. S, S.Pd dan Bapak Suhaimi, S.Pd. yang telah berkenan meninjau langsung ke sekolah sekaligus telah berkenan memberikan arahan-arahan, motivasi, serta membina kami dari pagi hingga pukul 15.00 WIB di sekolah demi suksesnya proses akreditasi sekolah dalam upaya peningkatan kualitas SMPN Satu Atap Sungai Karang ke depannya. Amiin... Salam Edukasi...!

0 Response to "Kepala Dinas Dikbudpora Tebo “Blusukan” Hingga di SMPN Satu Atap Sungai Karang"

Post a Comment