Info Penting Seputar Patch V.2.0.4 Final Aplikasi Dapodikdas 2013 – Dowload Paling Aman File Patch V.2.0.4 Melalui Link Situs Resmi Dapodik Ditjen Dikdas

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Rekan-rekan OPS semuanya…, alhamdulillah pada hari Sabtu, 30 November 2013 telah dirilis secara resmi patch terbaru versi 2.0.4 aplikasi Dapodikdas 2013/2014 melalui halaman online situs Dapodik Ditjen Dikdas 2013

Pada awal peluncuran patch v.2.0.4, beberapa teman-teman OPS mengalami kelambatan pada progress download patch terbaru Dapodikdas periode bulan November hingga Desember 2013, hal ini kemungkinan disebabkan traffic yang tinggi pada link download file patch v.2.0.4 Dapodik 2013, sehingga menyebabkan kesibukan yang luar biasa yang berefek lambatnya proses unduh / download file patch pada sebagian Rekan-rekan OPS.

Berdasarkan informasi yang terintegrasi dengan aplikasi Dapodikdas 2013 pada versi aplikasi v.2.0.4 tepatnya pada halaman beranda di bagian bawah kolom informasi terdapat pesan berupa teks, yakni “Mohon update versi aplikasi pada akhir bulan Desember 2013, dan pastikan tidak munggunakan versi di bawah v.2.0.4”. 

Maka, mulai pada hari ini, seluruh aplikasi Dapodikdas 2013 pada seluruh user hingga akhir bulan Desember 2013 direkomendasikan menggunakan versi aplikasi v.2.0.4 yang telah dirilis saat ini, apabila tidak diupgrade ke versi 2.0.4, kemungkinan aplikasi v.2.0.3 yang telah kita gunakan sebelumnya akan dinyatakan “Expired”.

Mengenai versi patch Dapodikdas 2013/2014 yang sudah terisilis dengan versi yang berbeda sejak bulan Oktober hingga akhir November 2013, mulai dari v.2.0.1, v.2.0.2, v.2.0.3, hingga v.2.0.4 kali ini, apakah masih ada kelanjutan dari patch v.2.0.4 yakni adanya patch v.2.0.5 selanjutnya?

Tentu kita bersama-sama tunggu pengumuman resmi melalui situs Dapodikdas 2013 ini juga, dan apabila memang masih ada lagi versi terbaru 2.0.5 tentu ditujukan untuk memperbaiki versi aplikasi pada v.2.0.4 saat ini, apabila pada versi terbaru v.2.0.4 masih ditemukan beberapa kendala-kendala tak terduga ataupun sistem operasi aplikasi yang kurang maksimal sekaligus sebagai rangkaian yang berkelanjutan dari Tim Pengembang Aplikasi Dapodikdas 2013 pada tingkat pusat dalam rangka perbaikan dan penyempurnaan aplikasi Dapodikdas 2013 untuk mewujudkan satu data berkualitas.

Dalam hal proses patch v.2.0.4 aplikasi Dapodikdas 2013 yang telah dirilis pada tanggal 30 November 2013 sekaligus telah adanya kepastian bahwa batas akhir pengiriman Dapodik 2013 saat ini telah direvisi yakni adanya penundaan batas akhir hingga tanggal 31 Desember 2013.

Selanjutnya, info-info penting lainnya yang ingin saya share kepada Rekan-rekan OPS semuanya, terkait dengan cara patch v.2.0.4 Dapodikdas 2013, serta tips mendapatkan info terbaru Dapodikdas 2013, yakni :

1.      Pastikan download file patch v.2.0.4 Dapodikdas 2013 hanya melalui link resminya, hal ini kita lakukan demi keamanan serta upaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada aplikasi nantinya.

2. Bagi Rekan-rekan OPS yang kebetulan belum berhasil mengunduh/download file patch v.2.0.4 Dapodikdas 2013, silahkan copy langsung file Patch 2.0.4 dari Rekan-rekan OPS terdekat lainnya yang telah berhasil download langsung dari situs Dapodik Ditjen Dikdas sebelumnya, serta telah teruji efektifitas file patch v.2.0.4 tersebut (benar-benar dapat mengupgrade aplikasi ke versi 2.0.4).

3.      Kapasitas file patch v.2.0.4 yang sudah berhasil saya gunakan tadi pagi sebesar 7,10 MB. Dan mungkin ada perbedaan dalam hal kapasitas dari file Patch v.2.0.4 Dapodikdas yang sudah Rekan-rekan OPS berhasil unduh, namun tetap terkait kapasitasnya dalam kisaran lebih dari 7,10 MB, asalkan file tersebut berasal dari link situs resminya, serta file patch v.2.0.4 telah terdownload 100 %, insya Allah file patch v.2.0.4 tersebut memang file patch yang benar /valid untuk update aplikasi Dapodikdas 2013 kita.

4.      Tentang bagaimana cara yang benar dalam proses patch v.2.0.4 untuk memperbaiki / update ke versi terbaru dari aplikasi Dapodikdas 2013, secara teknis cara patch v.2.0.4 aplikasi Dapodikdas 2013 ini sama dengan cara patch pada versi yang sebelumnya.

5.    Sebelum proses update / patch v.2.0.4 dilakukan pada laptop/PC, pastikan seluruh aplikasi yang sedang aktif ditutup “Close” terlebih dahulu, tak terkecuali aplikasi Dapodikdas 2013 sekaligus web browsernya, dengan kata lain sewaktu proses patch v.2.0.4, pastikan hanya progress patch v.2.0.4 ini saja yang bekerja pada sistem operasi komputer. Hal ini dilakukan agar proses patch benar-benar berhasil secara optimal.

6.      Untuk info-info seputar aplikasi Dapodikdas 2013, silahkan Rekan-rekan selalu pantau secara periodik dan berkala langsung pada situs resmi Dapodik Ditjen Dikdas Kemdikbud pada link http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

7.     Sebagai info penunjang terkait tips – triks teknis aplikasi Dapodikdas 2013, berikut permasalahan dan solusinya, silahkan Rekan-rekan OPS bergabung pada forum-forum online maupun offline, karena dari  sana, kita akan dapat memperoleh banyak referensi informasi terupdate terkait permasalahan sekaligus solusi pemecahan yang berasal dari Rekan-rekan OPS lainnya. Dan pastikan juga, kita sudah tergabung pada Grup Facebook Resmi “Info Pendataan Ditjen Dikdas”.

Sampai di sini dahulu Sahabat share saya, bagi Rekan-rekan OPS lainnya yang ingin menambahkan info-info penting tentang patch v.2.0.4 aplikasi Dapodikdas 2013 ini, silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah artikel ini, Sahabat… mari kita terus saling berkoordinasi dan berkomunikasi dalam sebuah ikatan silaturahmi, insya Allah dengan sinergitas serta kerja sama yang baik di antara kita semua, akan dapat memudahkan segala urusan kita juga nantinya. Amiin…

Semoga artikel dari saya kali ini ada manfaatnya bagi Rekan-rekan OPS semuanya, serta bagi seluruh pengunjung blog www.dadangjsn.blogspot.com pada umumnya. Amiin… Terimakasih dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

8 Komentar di "Info Penting Seputar Patch V.2.0.4 Final Aplikasi Dapodikdas 2013 – Dowload Paling Aman File Patch V.2.0.4 Melalui Link Situs Resmi Dapodik Ditjen Dikdas"

  1. apa tampilan bila sudah berhasil sinkron, mohon infonya karena saya sdh berhasil sinkron tp setelah dicek di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id, data belum masuk masih data 2012

    ReplyDelete
  2. saya tadi sudah install 2.0.4 tapi tetap tidak bisa login
    bagaimana solusinya???

    ReplyDelete
  3. mohon maaf sebelumnya pak dadang, saya kesulitan download patch terbaru di web resmi dapodikdas, jadi saya mau minta tolong patch yang sudah berhasil sampean download jika anda tidak keberatan mohon di kirim ke email saya. terimakasih sebelumnya..
    ini email saya pak bintangku.unt@gmail.com

    ReplyDelete
  4. aplikasi saya mlh skarang kacau dan g bs dbuka sm sx. datanya mlh hlg smua. sy trpaksa uninstal lg dr awal. sy jln kn pactnya 204 tp ttp aplikasi g bs dbuka katanya expaed mohn pencerahannya pak. makasih

    ReplyDelete
  5. Dolfie Eky
    Bagi Yang sudah memakai patch 2.04 dan belum bisa masuk ke dapodikdas salah satu solusinya gan yag tlah berhasil yaitu bersihkan dulu History atau riwayat pada Mozzila atau google chrome setelah itu masuk ke aplikasi dan apabila masih tertulis expired tekan saja fn F5 Insya Allah berhasil thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Sobat Dolfie Eki telah meluangkan kesempatannya untuk share salah satu solusi alternatifnya terkait "Expired" di sini.

      Bagi Rekan-rekan OPS yang sedang mengalaminya silahkan dicoba, semoga berhasil... Terimakasih...

      Delete
  6. aflikasi saya udah v.2.0.4 , tapi mau sinkron ga bisa2 , kalau ga sinkron murid barukan blm bs msk ke halaman utama, gimana mau siap kerjaannya , selama 1 minggu saya coba tp ga berhasil juga , pusing.........pusing, please .....gimana ya agar mudah sinkronnya.....!

    ReplyDelete