Etika Blogger Yang Baik Itu Tidak Merugikan Blogger Lainnya

Sahabat Blogger yang berbahagia...

Dalam kesempatan kali ini, sebelum dan sesudahnya saya pribadi selaku owner sekaligus admin web blog personal www.dadangjsn.blogspot.com mohon maaf pada seluruh pembaca artikel saya kali ini, apabila tidak berkenan di hati Anda. 

Sengaja saya membuat artikel terupdate kali ini dengan judul “Etika Blogger yang Baik”. Dan lagi-lagi ini terinspirasi dari rangkaian pengalaman ngeblog yang sudah saya alami sendiri selama ini.

Pemahaman saya tentang arti kata etika blogger ini adalah nilai-nilai yang diyakini kebenarannya sehingga terimplementasi menjadi sebuah tingkah laku dalam segala aktivitas blogging rianya seorang blogger (pengguna blogger).

Oke langsung saja, kali ini saya mencoba menuangkan apa-apa yang ada dipikiran serta perasaan saya ke dalam tulisan singkat mengenai Etika Blogger yang baik, berikut etika-etika blogger yang baik, menurut saya lho, kalau menurut Anda bagaimana menanggapi tulisan saya kali ini? Silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah artikel ini, etika-etika blogger yang baik adalah :

1.         Menggunakan blogger untuk tujuan yang baik, misalnya blogger dibuat untuk sarana dakwah, pembelajaran, menyebarkan informasi penting ke publik, yang intinya pengguna blogger tersebut ada manfaat dan dampak positinya bagi pengunjung blognya, bukan untuk tujuan-tujuan yang tidak baik, misalnya : konten-konten blog maupun komentarnya provokatif, berbau SARA, mengadu domba, dan beberapa hal negatif yang bersifat destruktif (merusak) stabilitas dan kenyamanan para pengguna internet pada khusunya blogger-blogger yang lain.

2.         Menghargai karya blogger lain dengan tidak copy paste semaunya sendiri, hal inilah yang paling banyak dikeluhkan oleh Rekan-rekan blogger yang kreatif, dan jelas-jelas hal ini sangat merugikan bagi blogger kreatif tersebut, kerugian pertama dapat mengurangi beberapa pengunjung yang datang melalui mesin pencari Google , kerugian yang kedua, apabila pada blognya mengunakan iklan PPC, pendapatan akan semakin berkurang, karena peluang dari pengunjung yang semakin sedikit, dan yang paling kasihan lagi jika mendapatkan sanksi dari Google dengan terblokirnya blog yang telah susah payah dibangunnya itu. Hal ini terjadi karena adanya duplikasi artikel antara si pembuat dengan si plagiat tadi.

3.         Blogger yang baik berkomentar apa adanya dan dengan penuh bijaksana dan bertanggung jawab, misalnya memberikan tautan balik yang benar-benar URL blog miliknya, bukan URL blog milik blogger lainnya.

4.         Blogger yang baik tidak merugikan blogger lainnya, dengan cara apapun, dimanapun, dan kapanpun juga.

5.         Dan sementara ini saja dulu, sudah ngantuk soalnya Sob… Insya Allah, kalau sudah ada waktu lagi nanti, akan saya tambahkan lagi kok.

Sampai berjumpa pada kesempatan berikutnya, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Etika Blogger Yang Baik Itu Tidak Merugikan Blogger Lainnya"

Post a Comment