Cara / Solusi Mengatasi No. SKHUN (Nomor Peserta UN) 20 Digit Tidak Tersimpan (Save) dan Cara Pengisian No. SKHUN di Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia...

Pengisian pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 khususnya pada tab “Peserta Didik”, khususnya dalam tabel pengisian “Edit Peserta Didik” terdapat salah satu kolom isian yang sangat penting yang akan mempengaruhi valid / invalidnya data peserta didik yang telah diinputkan ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini. 

Oleh karena itu, kembali saya share tentang bagaimana cara mengisi data peserta didik yang benar (valid), khususnya pada kolom isian “No. SKHUN (No. Peserta UN)” yang seluruhnya terdiri dari 20 digit (harus 20 digit, jika tidak maka pada data peserta didik yang bersangkutan tidak akan tersimpan dengan ditandai adanya warning “Gagal menyimpan, mohon isi form dengan benar. Field yang salah ditandai dengan kotak merah”.

Lalu bagaimana solusi / cara mengatasi masalah No. SKHUN (No. Peserta UN) yang tidak mau disimpan (Save) tersebut, berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan untuk mengatasi masalah terkait No. SKHUN (No. Peserta UN) peserta didik yang berjumlah 20 digit, serta hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan hal ini :

1.   No. SKHUN (Nomor Peserta UN) SD/SMP dari masing-masing peserta didik berbeda.
2.   Isian pada kolom "No. SKHUN (Nomor Peserta UN)" seluruhnya harus berjumlah 20 digit. Contoh input data yang benar adalah 1-13-10-09-029-006-3 yang berjumlah keseluruhannya 20 digit yakni angka + tanda (-).

3.   Pada kolom isian ini diisi berdasarkan No. Peserta Ujian Nasional (UN), bukan No. Seri SKHUN.

4.   Kolom isian pada SKHUN untuk kelas 1 s.d. 5 dikosongkan.
5.   Peserta Didik kelas 6 yang sudah lulus, diisi berdasarkan No. Peserta UN SD.
6.   Peserta Didik kelas 7 dan kelas 8, diisi berdasarkan No. Peserta UN SD.
7.   Peserta Didik kelas 9 yang sudah lulus, diisi berdasarkan No. Peserta UN SMP.

Demikian artikel singkat mengenai pengisian yang benar pada input data peserta didik khususnya pada kolom isian “No. SKHUN (No. Peserta UN) pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini saya share melalui www.dadangjsn.blogspot.com, saya berharap, tips ini dapat bermanfaat bagi Rekan-rekan OPS semuanya.

Selamat bertugas Sahabat… Semoga senantiasa mendapatkan kemudahan dalam setiap proses input data hingga selesai dan tuntas 100 % dengan sempurna nantinya. Amin…

Artikel Terkait:

8 Komentar di "Cara / Solusi Mengatasi No. SKHUN (Nomor Peserta UN) 20 Digit Tidak Tersimpan (Save) dan Cara Pengisian No. SKHUN di Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

  1. di aplikasi v.2.0.4 form pengisian No. SKHUN peserta Didik kok jadi hilang. padahal ini mau entry No. SKHUN...mohon solusinya...

    ReplyDelete
  2. kok tidak bisa di jalankan pacth 2.0.4 nya ... sudah di run tapi yang muncul is not a valid win 32 application. mohon solusinya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan direstart dahulu laptop/PC-nya lalu proses ulang patch v. 2.0.4. Semoga berhasil. Terimakasih...

      Delete
  3. cak dadang gimana nih ... macet... udah diupdate ke v2.04 form pengisian No SKHUN peserta didik hilang tak berbekas.... gimana ini nambah masalah aja.... solusinya dong cepet... ini mau entry macet nih.... pusinggg....

    ReplyDelete
  4. Pak, bagaimana kalo no Ujian Nasional saya hilang, saya harus mengurus kemana ?

    ReplyDelete
  5. kalo ijasah nya belum di bagi bagaimana

    ReplyDelete