Cara / Solusi Mengatasi Nama Kepala Sekolah Tidak Ada (Kepsek Belum Dipilih) Dalam Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Ada sebagian di antara rekan-rekan OPS, khususnya yang pertama kali baru berhasil registrasi dan login ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014, pada halaman utama / beranda aplikasi Dapodikdas tersebut belum tertera nama kepala sekolahnya yakni pada sub halaman Identitas Sekolah pada isian Kepala Sekolah dengan keterangan “Kepsek belum dipilih” yang hurufnya berwarna merah.  

Walaupun pada awalnya "mencemaskan", namun tenang  Sahabat, berikut saya share khusus bagi Anda, rekan-rekan OPS yang kebetulan mengalami masalah ini. 


Langsung saja, berikut solusi untuk mengatasi nama kepala sekolah – “Kepsek belum dipilih” dalam aplikasi Dapodikdas 2013 :

1.         Login dahulu ke halaman tadi, bagi yang sudah login, dan sudah tampil halaman beranda aplikasi Dapodikdas-nya, langsung saja klik pada tab “PTK”.
2.         Setelah tabel utama PTK muncul, "pilih dan klik salah satu PTK" yang mendapatkan tugas tambahan menjadi Kepala Sekolah.
3.         Selanjutnya klik “Ubah”.
4.         Pada tampilan Edit PTK akan muncul satu nama yang terpilih tadi, lalu geser/scrool ke tabel bagian bawah terdapat tabel Data Rincian, lalu klik pada tab “Tugas Tambahan” .
5.         Kemudian pilih “Tambah”.
6.         Pada kolom tambah ini, persiapkan fotocopy SK Kepala Sekolah, agar data penting ini tidak sampai salah nantinya, lalu pilih/isikan pada satu baris tersebut tentang Jabatan PTK, Jam/Minggu (18 Jam), Nomor SK, dan TMT Tambahan.
7.         Terakhir, klik “Simpan”. Dan pastikan telah muncul info validasi bahwa “Data Tugas Tambahan berhasil diperbaharui”.

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, kembali klik pada tab “Beranda”, jika nama Kepala Sekolah belum tampil, silahkan tekan f5 (refresh/reload). Insya Allah nama Kepala Sekolah akan muncul di atas nama kita selaku Operator. Demikian tutorial singkat tentang cara / solusi mengatasi nama kepala sekolah yang tidak ada “Kepsek belum dipilih” pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih….

Tambahan   (Update - 03/02/2014) 
Jangan lupa, kosongkan / hapus isian tanggal pada kolom "TST" pada lajur tugas tambahan kepala sekolah tersebut apabila sebelumnya pernah diisikan, lalu "Simpan".

Artikel Terkait:

23 Komentar di "Cara / Solusi Mengatasi Nama Kepala Sekolah Tidak Ada (Kepsek Belum Dipilih) Dalam Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

  1. nama sekolah setelah disincron berubah dari SD 01 berubah SD 0_ angka 1 nya ilang_ mohon solusinya gan !!! trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi tentang masalah ini, silahkan dilihat pada artikel saya ini Sob ==> Solusi Nama Sekolah berubah setelah synch Terimakasih…

      Delete
  2. gimana solusinya kalau kepala sekolah gak ada di tab beranda dan juga gak ada pilihan di tab PTK? Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang masalah ini, tentunya setelah sinkronisasi berhasil hingga PTK bersangkutan ada dalam tabel utama PTK, untuk Kepsek baru mutasi/pindahan dari sekolah lain proses lebih lanjut setelah sinkronisasi sekolah lama berhasil terlebih dahulu... Terimakasih...

      Delete
  3. apakah kepala sekolah yg PLT harus d masukan?
    krna kepala sekolah sbelumnya udh pensiun & apakah tidak mengganggu sinkronisasi klo kepala sekolah nya belum di pilih? ..
    terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak terbaca "invalid" pada cek validasi, kemungkinan tidak akan mengganggu sync... Terimakasih...

      Delete
  4. Mas, gimana mengatasi nama kepala sekolah yang dulu masih ada sebagai kepala sekolah padahal kepala sekolah saya sekarang yang baru, kepala sekolah yang dulu sudah dimutasikan. saya sudah mengikuti seperti apa yang mas ttutorkan di atas, tapi nama kepala sekolah yang muncul di beranda tetap kepala sekolah yang dulu bukan yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba batalkan dulu PTK keluar, hapus dulu tugas tambahan Kepsek lama, lalu mutasikan lagi. Selanjutnya pindahkan PTK baru ke tabel utama, lengkapi data + tugas tambahan Kepsek. Terimakasih...

      Delete
  5. Jika ada kendala kemudian operator pindah tempat tugas alias tempat honor, gimana proses yang bisa dilakukan untuk penggantian nama operator Gan..? Trim's...

    ReplyDelete
  6. bagaimana dengan patch 206 ini kembali muncul kepala sekolah belum diisi padahal sudah diisi.,mohon solusinya

    ReplyDelete
  7. mengapa nama kepala sekolah tetep belum muncul padahal caranya sudah dilakukan sesuai petunjuk

    ReplyDelete
  8. terima kasih untuk solusinya Pak Dadang...sangat membantu.
    salam sukses!!

    ReplyDelete
  9. nama kepsek sy tdkmncul dibranda n tdk trpilih, cara yg diatas sdh sy lakukan tp tdkberhasil,kl ad yg tahu, ksh thu y..

    ReplyDelete
  10. bagaimana cara mengatasi jumlah KEPSEK>1 dengan nama yang berbeda pada beranda aplikasi dapodik, satu nama kepsek dari sekolah lain, satu kepsek sekolah saya sendiri, padahal kepsek lain tsb ga pny rwyt mngjr sama sekali d sekolah saya, bahkan di daftar PTK nama Kepsek tsb tdk ada, shg saya mengalami kesulitan u/ menghilangkan nama kepsek nyasar tsb, mhon solusinya, trm,ksih

    ReplyDelete
  11. bagaimana cara mengatasi jumlah KEPSEK>1 dengan nama yang berbeda pada beranda aplikasi dapodik, satu nama kepsek dari sekolah lain, satu kepsek sekolah saya sendiri, padahal kepsek lain tsb ga pny rwyt mngjr sama sekali d sekolah saya, bahkan di daftar PTK nama Kepsek tsb tdk ada, shg saya mengalami kesulitan u/ menghilangkan nama kepsek nyasar tsb, mhon solusinya, trm,ksih

    ReplyDelete
  12. mohon bantuannya, nama kepsek di tampilan dapodik sd saya masih yang lama, padahal kepsek baru sudah saya isikan tugas tambahannya dan sudah saya f5 berkali2, selain itu kepsek lama sudah keluarkan dan sudah terdaftar sbg PTK keluar. bagaimana solusinya? trima kasih.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah berhasil :) syukron katsir

    ReplyDelete