Cara Mengetahui IP Address / Alamat IP Komputer Pada Laptop / PC Sendiri

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Setiap komputer yang berbeda-beda memiliki alamat IP (Internet Protocol Address) yang berbeda-beda pula, IP merupakan deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. 

Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer sedang online (sedang terkoneksi dengan internet) tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP (Transmission Control Protocol).

Berikut cara untuk mengetahui alamat IP (IP Adress) dari laptop/komputer kita, banyak cara untuk mengetahui IP kita, namun di sini akan saya share artikel mengenai bagaimana kita dapat mengetahui alamat IP komputer kita dengan 2 cara.

Cara pertama yakni dengan menggunakan perintah “Command Prompt” dan cara kedua melalui “Control Panel”, ingat check IP pada komputer/laptop kita harus dalam keadaan online / koneksi internet aktif, berikut langkah-langkah untuk mengetahui IP Address komputer kita :

a.   Mengetahui IP Address akurat pada komputer dengan input perintah “Command Prompt”, dapat juga melalui “Run” (Windows + R) :

1.      Klik star menu, lalu tuliskan “cmd” pada kotak pencarian tersebut, kemudian tekan “Enter”.

2.      Setelah tampilan “Command Prompt” muncul, ketik “ipcofig” pada kursor aktif, lalu “Enter”.

3.      Selanjutnya akan tampil halaman baru, scroll ke atas lalu lihat IP Address Anda.

b.      Cara mengetahui IP Address akurat pada komputer sendiri melalui “Control Panel” :

1.      Klik star menu, input tulisan “Control Panel”, lalu pilih “Network and Internet”, lalu klik pada “Network and Sharing Center
2.      Pada halaman “Network and Sharing Center”, klik pada media koneksi internet Anda, dan terakhir pilih tab “Details” untuk mengetahui IP Address komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat pada gambar berikut :

Demikian solusi / cara mengetahui alamat IP (IP Address) komputer pada laptop/PC Anda sendiri. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Cara Mengetahui IP Address / Alamat IP Komputer Pada Laptop / PC Sendiri"