Cara Menambah PTK Baru / Pindahan Dalam Daftar Tunggu PTK Baru Melalui Tabel Utama PTK Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Selain saya ulas tutorial singkat bagaimana cara menambah Peserta Didik Baru pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014, kurang lengkap rasanya bila tidak saya ulas juga bagaimana cara input / entri data PTK Baru pada aplikasi Dapodikdas ini.

Artikel ini saya buat sekaligus sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan beberapa Sahabat OPS pada blog www.dadangjsn.blogspot.com sebelumnya. Berikut saya share tutorial bergambar beserta penjelasan singkat sebagai solusi bagaimana cara input data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) baru / pindahan pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini :

 
1.   Klik pada tab “PTK”.
2.   Lalu, klik “Tambah”.
3.   Selanjutnya, klik “Tambah” lagi dalam tampilan baru (daftar tunggu) PTK Baru.
4.   Isi / entri seluruh kolom yang tersedia, mulai dari Nama PTK baru, JK (Jenis Kelamin), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), NIK (Nomor Induk Kependudukan), Tempat Lahir, Tanggal/Bulan/Tahun Lahir, serta Nama Ibu Kandung berdasarkan dokumen-dokumen PTK yang sah tentunya.
5.   Setelah semua kolom isian yang terdiri dari satu baris yang memuat tentang data-data pokok PTK Baru / Pindahan terinput, klik “Simpan”.
6.   Terakhir, klik “Tutup”.

Pada versi 2.0.3 aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini, PTK baru / pindahan belum dapat langsung dipindahkan ke tabel utama “PTK”, melainkan perlu disinkronisasikan terlebih dahulu dengan server center Dapodikdas 2013/2014, sama halnya dengan input data Peserta Didik Baru yang telah saya ulas pada artikel sebelumnya.

Demikian tutorial singkat tentang cara menambah PTK baru / PTK pindahan pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014. Semoga bermanfaat bagi Rekan-rekan OPS semuanya. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

4 Komentar di "Cara Menambah PTK Baru / Pindahan Dalam Daftar Tunggu PTK Baru Melalui Tabel Utama PTK Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

  1. Bos Gimana Solusinya tentang tambah PTK setelah sinkronisasi apa langung otomatis masuk atau harus download prefil lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan info yang saya dapatkan saat ini, PTK dan PD baru belum dapat dipindahkan ke tabel utama, nanti perlu kita synch kembali dengan patch selanjutnya, dan PTK ataupun PD baru tersebut akan menunggu sinkron dari sekolah lain yang ada keterkaitan data-data dengan sekolah kita. Terimakasih...

      Delete
  2. sudah disingkron beberapa kali tp PTK belum bisa di tampilkan ke tabel utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini, jawabannya sama seperti pada komentar saya di atas Pak Husein... Terimakasih...

      Delete