Cara Membersihkan / Clear Data Browser Mozilla Firefox Untuk Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Dalam beberapa proses input data-data sekolah, sering dijumpai adanya permasalahan-permasalahan yang kompleks, hingga akhirnya dapat mempengaruhi kegagalan dalam proses synch pada sinkronisasi aplikasi Dapodikdas 2013/2014.

Jika rekan-rekan OPS kebetulan menggunakan Mozilla Firefox sebagai web browser default untuk menjalankan host aplikasi Dapodikdas pada komputer/laptopnya serta terdapat kendala baik pada waktu proses input data, validasi data, hingga pada proses sinkronisasi data pada aplikasi Dapodikdas yang kurang optimal.

Oleh karenanya, membersihkan data-data yang tidak penting pada web browser Mozilla Firefox menjadi sebuah keharusan bagi sebagian komputer/laptop rekan-rekan yang sedang tidak berfungsi dengan baik. 

Untuk membersihkan seluruh data-data web browser Mozilla Firefox, baik history (riwayat), cache, cokies, unduhan (download), link / site preferences, hingga pada host itu sendiri sangat diperlukan menggunakan cara dan prosedur yang tepat. 

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan seluruh data pada web browser Mozilla Firefox :

1.      Klik pada ikon – tab dropdown “Firefox”.
2.      Pilih “History” atau “Riwayat”.
3.      Kemudian klik “Clear Recent History”.
4.      Lalu muncul tampilan baru “Clear All History” dan pilih “Everything”.
5.      Selanjutnya beri tanda checklist (centang) pada seluruh pilihan Details : Browsing and Download History, Cokies, Cache, Active logins, Offline Website Data, Site Preferences.
6.      Klik ikon “Clear Now”. Tunggu beberapa saat, lama tidaknya proses pembersihan data browser tergantung banyaknya data-data yang harus dibersihkan (clear).
7.      Selesai.

Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

4 Komentar di "Cara Membersihkan / Clear Data Browser Mozilla Firefox Untuk Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

  1. Tutorial2nya bermanfaat gan! walau ane bukan OPS tapi postingannya menarik untuk dishare, so izin share gan!. link URL aktifnya dijamin..oke thanks..http://ansud-site.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. @ Azdyana Ansud : Iya Sob, tidak apa-apa, dishare kembali di blog Anda. Namun ada hal penting yang harus diperhatikan, mengingat pentingnya info-info terbaru tentang Dapodikdas 2013/2014 yang telah ataupun akan saya share melalui www.dadangjsn.blogspot.com, tentu artikel-artikel ini saya tujukan untuk rekan-rekan OPS Dikdas khususnya.

    Oleh karena itu, “AGAR TIDAK TERJADI KESALAHPAHAMAN INFORMASI” terkait pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh Rekan-rekan OPS (agar dapat solusi/jawaban, mengingat batas akhir sudah ditentukan), maka saya mohon dengan sangat, agar Agan mau mengedit seluruh artikel yang sudah terlanjur dipublikasikan pada blog Anda dengan mencantumkan link URL sumber bukan ke halaman utama blog, lebih tepatnya ke URL LANGSUNG PADA HALAMAN ARTIKELNYA. Terimakasih atas pengertiannya…

    ReplyDelete
  3. Oke Sob, thanks 4 share...kalau tidak keberatan, jika rekan guru khususnya OPS ada yg bertanya tentang dapodikdas bolehkan ane alihkan/forward ke blog agan untuk diberikan solusi alternatif...!!Moga bisa berbagi pengetahuan. SALAM BLOGGER!

    ReplyDelete
  4. @ Azdyana Ansud : Terimakasih juga sudah share artikel-artikel saya di blog Anda, semoga bermanfaat. Iya tidak apa-apa Sob. Goodluck...

    ReplyDelete