Bagaimana Cara dan Solusi Mengatasi Contraint Failed Saat Sinkronisasi / Synch Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ?

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Semakin kompleks saja tantangan-tantangan yang harus dipecahkan oleh kita semua, khususnya tim pengembang aplikasi dapodikdas 2013/2014. 

Memang secara umum, dibandingkan dengan Dapodik 2012, secara teknis lebih mudah daripada aplikasi Dapodikdas 2013 sekarang ini. 

Walaupun demikian, sebagai OPS kita memang perlu terus mencari sumber informasi yang dapat dipercaya tentang penanganan pada berbagai masalah-masalah yang ada saat ini.


Masalah terbaru terkait aplikasi Dapodikdas 2013 ini salah satunya munculnya konfirmasi sesaat setelah proses sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas 2013/2014 dilakukan. Tentu tidak semua OPS yang mengalami masalah “Contrain Failed”, namun tidak sedikit pula yang mengalaminya (padahal dalam validasi, invalidnya “0” dan aplikasi Dapodikdas yang digunakan untuk sinkronisasi telah diupgrade ke versi 2.0.3).

Secara bahasa “Contrain Failed” merupakan adanya suatu kendala yang menyebabkan sebuah proses tidak dapat tuntas dilakukan (gagal), jika flash back ke Dapodik 2012 mungkin diantara teman-teman OPS ada yang mengalami hal yang hampir sama dengan “Contrain Failed” ini, pada aplikasi Dapodik 2012 saya sendiri pernah menemui permasahan yang kurang lebih sama seperti ini, saat itu, proses sinkronisasi data tidak ada dalam tab menu pada halaman utama, yang ada adalah “Kirim ke Server”.

Dan ketika saya lakukan proses “Kirim ke server” setelah divalidasi invalid “0” serta telah diclean up, tak seperti biasanya, pengiriman data berhenti pada indikator angka 100 % saja, padahal untuk ketuntasan pengiriman data waktu itu harus sampai ada konfirmasi “Selesai”. Diulang pada hari yang berbeda, bahkan dengan koneksi internet yang optimal.

Hingga akhirnya saya berspekulasi uninstall program aplikasi setelah “Backup Local”, lalu install aplikasi lagi, restore Db, dan harus memetakan ulang PTK serta Peserta Didik, 2 hari berikutnya, saya coba kembali “kirim ke server” dan alhamdulillah berhasil 100 % serta ada konfirmasi “Selesai”, tidak seperti yang sebelumnya, berhasil 100 %, namun konfirmasi “Selesai” tidak pernah muncul hingga saya cek di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id memang data belum terkirim.

Begitu juga dengan konfirmasi “Contrain Failed” (adany kendala yang menyebabkan proses sinkronisasi gagal), insya Allah… bagi rekan-rekan OPS yang sedang mengalami kendala ini akan segera mendapatkan solusinya, karena permasalahan terkait “Contrain Failed” versi 2.3.0 ini adalah salah satu “PR” yang sedang dalam proses penanganan masalahnya oleh tim Pengembang Dapodikdas 2013 khususnya oleh programmer-programmernya.

Jika ada di antara rekan-rekan OPS yang telah mengetahui solusi tentang masalah ini, silahkan dishare melaui blog ini, atau melalui Grup FB Info Pendataan Ditjen Dikdas. Insya Allah..., jika saya sudah mendapatkan solusi tentang permasalahan adanya konfirmasi "Contrain Failed" sesaat setelah proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdas 2013 dilakukan, akan segera saya share melalui blog personal saya ini juga.

Bagi rekan-rekan OPS semuanya. Untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai penanganan masalah “Contrain Failed” ini nantinya, silahkan bergabung pada Grup Info Pendataan Ditjen Dikdas. Terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

8 Komentar di "Bagaimana Cara dan Solusi Mengatasi Contraint Failed Saat Sinkronisasi / Synch Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ?"

  1. pak, mohon bantuannya, kenapa untuk memindahkan PTK atau PD baru ke tabel utama selalu error, " mohon pilih data yang gagal (ditandai merah)", begitu bunyi servernya, gimana caranya pak untuk mengatasi hal tersebut. lalu masalah lain saat sinkronisasi, data tidak dapat di syin kan, katanya ' Constraint failed " , mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
  2. pak apa buka aplikasi harus menggunakan firefox? apa ada pengaruhnya versi berapa digunakan??

    ReplyDelete
  3. @ Robi : Silahkan Anda baca pada artikel-artikel lainnya di blog ini Pak, hal ini sudah saya bahas semua kok. Terimakasih...

    @ Agung : Web browser yang disarankan Firefox dan Chroome (versi terbaru lebih baik) Pak..., artikel-artikel yang membahas tentang ini, sudah saya posting sebanyak 6 artikel, semuanya dapat Anda baca dengan klik di sini Terimakasih...

    ReplyDelete
  4. jadi bukan kesalahan ops kang ? tapi kesalah server nya
    terima kasih info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya, memang program aplikasi yang perlu diperbaiki Kang..., semoga ke depannya aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini menjadi semakin lebih baik daripada yang sekarang... Terimakasih...

      Delete
  5. mohon diberitahu tolong kalo sinkronisasi yang berhasil itu.tampilan atau pemberitahuannya nanti bagaimana? dan langkah selanjutnya setelah berhasil sinkron bagaimana?

    ReplyDelete
  6. ketika coba sinkron di sebelah kiri atas box tertulis last login 2 desember padahal saya coba sinkron tgl 1 des. kenudian saya coba sinkron tgl 2 tertulis lagi last login 3 Desember, apa permasalahannya?

    ReplyDelete
  7. sy sudah coba sinkron, ternyata ada data pembelajaran tidak terkirim ke server sebanyak 3, lalu saya cari tau dan edit yang mungkin salah sebanyak 2, lalu saya sinkron..ternyata data yang tidak terkirim (pembelajaran) jadi nambah yaitu 5 data.

    ReplyDelete