Apa Arti Patch Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 Terbaru Itu ? Apa Fungsi dan Kegunaannya Patch Dalam Aplikasi Dapodikdas ?

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Sebagai OPS, tentu kita sudah sangat familiar dengan istilah "patch" ini, dan mungkin bagi sebagian rekan-rekan OPS yang bertanya-tanya, Apa patch itu?, Apakah arti dari patch dalam aplikasi Dapodikdas?, dan Apa fungsi dan kegunaan patch versi terbaru dari aplikasi Dapodikdas ini? dan lain sebagainya.

Flashback sedikit ya Sahabat… Setelah patch 2.0.3 diluncurkan pada tanggal 30 Oktober 2013 yang lalu, ternyata masih ditemukan hal-hal baru yang menjadi permasalahan / kendala baru khususnya pada proses input data, validasi data, pemetaan data, hingga pada proses sinkronisasi / synch pada aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.3 yang tentunya perlu segera ditemukan solusi ataupun cara untuk mengatasi segala hal yang menjadikan performa aplikasi Dapodikdas 2013 kurang optimal ini menjadi sebuah aplikasi yang semaksimal mungkin.

Beberapa hal yang menjadi masalah-masalah / kendala-kendala baru pada versi 2.0.3 aplikasi Dapodikdas 2013 ini antaranya adanya peringatan “Contraint Failed”, adanya nama PTK maupun peserta didik berganda, peserta didik keluar tidak bisa dikembalikan ke tabel peserta didik, dan lain sebagainya. Patch 2.0.3 ini jelas diadakan untuk memperbaiki performa / progress kinerja software dari aplikasi pada versi 2.0.2 sebelumnya.

Namun hingga saat ini (mengingat masih adanya fungsi aplikasi yang belum optimal tadi), maka sangat  diperlukan patch lanjutan (versi update / versi upgrade patch aplikasi) yang berkemungkinan besar disebut dengan “Patch v.2.0.4” (Patch aplikasi Dapodikdas 2013/2014 versi 2.0.4), yang diharapkan oleh semua pihak khususnya kita selaku OPS, seluruh pihak sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota maupun provinsi, tak terkecuali pula bagi tim pengembang aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada tingkat pusat, yang kemungkinan besar berharap patch yang akan datang ini dapat menjadi patch terakhir (versi aplikasi final serta sempurna).

Akan tetapi, adanya kesalahan pada hal-hal teknis yang tidak disengaja serta berbagai faktor tak terduga lainnya dapat terjadi di kemudian hari, sehingga tidak menutup kemungkinan pula jika pada patch aplikasi Dapodikdas versi 2.0.4 nantinya masih diperlukan lagi patch versi 2.0.5 misalnya, demi mewujudkan aplikasi Dapodikdas 2003 yang berkualitas. Semoga saja tidak terjadi hal ini, dan marilah kita ikut mendo’akan, semoga tim pengembang beserta programmer-programmernya segera mendapatkan formula yang jitu untuk menghasilkan patch aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang final (terakhir).

ARTI PATCH

Patch ( tambalan / komputasi ) adalah sebuah software yang dirancang untuk memperbaiki masalah masalah yang ada pada sebuah aplikasi dengan memperbarui program komputer atau data pendukungnya. Ini termasuk memperbaiki / memperbaharui suatu program (aplikasi) dari segi keamanan (safety), bug (kesalahan, error, kekurangan, atau kegagalan yang terjadi pada sebuah aplikasi dalam sistem komputer) sehingga mengurangi performa program yang seharusnya), selain itu juga untuk meningkatkan kegunaan atau fungsi kinerja dari aplikasi tersebut .

Meskipun pada intinya patch dirancang untuk memperbaiki masalah, patch yang belum sempurna kadang-kadang malah dapat menimbulkan masalah baru (regresi software). Dalam beberapa kasus khusus update mungkin sengaja melanggar fungsi, misalnya, dengan menghapus komponen penyedia pembaruan yang tidak lagi dilisensikan atau menonaktifkan perangkat / fasilitas aplikasi itu sendiri.

Patch untuk perangkat lunak biasanya didistribusikan sebagai "file executable", bukan kode sumber ( master installer aplikasi ). Jenis patch ini didesain dengan memodifikasi program executable-program. Patch juga dapat didesain dengan memodifikasi kode sumber. Jenis patch umumnya keluar dari "open source project".

Karena kata "patch" membawa konotasi “memperbaiki” hal-hal yang “kecil”, perbaikan besar dapat menggunakan nomenklatur (penamaan objek) yang berbeda. Ada pula “patch besar atau patch yang secara signifikan mengubah program dapat bersirkulasi sebagai "paket layanan" atau sebagai "pembaruan perangkat lunak (software)" secara signifikan, dalam arti, kapasitas patch lebih besar daripada kapasitas master aplikasinya contoh "patch besar" terjadi dengan adanya update / upgrade dari Microsoft Windows NT ==> Windows 2000 ==> Windows XP ==> Windows 7 ==> hingga windows 8, dan tentu istilahnya bukan hanya "patch" lagi, namun berkembang istilah menjadi "update / upgrade".

FUNGSI DAN KEGUNAAN PATCH VERSI TERBARU APLIKASI DAPODIKDAS 2013/2014

Setelah kita mulai memahami arti dari patch, maka patch aplikasi Dapodikdas adalah perangkat lunak software yang dirancang / didesain untuk memperbaharui (fungsi pembaruan) aplikasi Dapodikdas 2013 versi sebelumnya, tanpa sedikitpun merusak atau menghapus database (data-data terkait sekolah yang sudah kita input / entri sebelumnya), karena patch aplikasi Dapodikdas yang versi berapapun ditujukan hanya untuk memperbaharui aplikasinya saja, mulai dari patch v. 2.0.0 ==> patch v. 2.0.1 ==> patch v. 2.0.2 ==> patch v. 2.0.0 ==> patch v. 2.0.3, otomatis dapat disimpulkan bahwa, patch terbaru selalu memiliki fungsi dan kegunaan untuk memperbaiki aplikasi yang telah dirun (install) sebelumnya (versi upgrade / update terdahulu).

Tak terkecuali pula pada patch aplikasi Dapodikdas 2013/2014 selanjutnya yang akan datang, otomatis didesain / dirancang untuk memperbaiki performa, fasilitas, fungsi, dan kegunaan yang lebih dari patch v.2.0.3 ini, yang sekaligus menjadi titik terang akan adanya solusi dalam mengatasi segala permasalahan-permasalahan terkait aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang sedang terjadi sekarang ini. Amin…

Demikian artikel singkat ini saya ulas berdasarkan pengalaman pribadi, sebagian referensi ilmiah dari Wikipedia, the free encyclopedia. Semoga artikel saya tentang patch ini dapat bermanfaat positif bagi Rekan-rekan OPS pada khususnya, dan bermanfaat positif pula bagi seluruh pengunjung blog personal saya ini pada umumnya, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

INFO PENTING...!!! 
Khusus tentang link download patch v. 2.0.4 silahkan dibaca dahulu pada artikel update blog ini di INFORMASI PENTING DARI TIM PENGEMBANG DAPODIKDAS 2013/2014 TINGKAT PUSAT TERKAIT LINK DOWNLOAD PATCH 2.0.4 YANG SEDANG "HOT" 


0 Response to "Apa Arti Patch Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 Terbaru Itu ? Apa Fungsi dan Kegunaannya Patch Dalam Aplikasi Dapodikdas ?"

Post a Comment