Tanya – Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas 2013 Versi Terbaru (V. 2.0.3) – Solusi Terbaru Dijawab Langsung Oleh Ahlinya

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Mengingat banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang sangat kompleks seputar aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini dari rekan-rekan OPS tak terkecuali saya. 

Hal inilah yang menginspirasi saya untuk me-repost solusi-solusi mengenai aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.3 dari “kiriman yang disematkan” pada Grup Info Pendataan Dikdas (31/10/2013). 

Artikel ini telah dilakukan pengeditan penulisan dari asalnya, hanya pada bagian-bagian tertentu oleh Admin yang bertujuan untuk lebih memperjelas esensi tanya-jawab terkait aplikasi Dapodikdas 2013/2014 bagi seluruh pengunjung blog ini. 

Berikut tanya-jawab tentang aplikasi Dapodikdas 2013/2014 khususnya terkait versi terbaru aplikasi Dapodikdas V. 2.0.3 :

1.         Tanya   :
Bagaimana step by step registrasi?

Jawab  :
1.      buat folder di "C:\" dengan nama "prefill_dapodik"
2.      unduh prefill di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
3.      simpan hasil prefill tsb pada folder "prefill_dapodik"
4.      silakan registrasi seperti biasa

2.         Tanya   :
Kenapa sudah install patch V. 2.0.3, aplikasi masih expired?

Jawab  :
Logout pada aplikasi, untuk memastikan silakan clear chache dan history pada browser. Dan pastikan install patch berhasil dilakukan.

3.         Tanya   :
Ini kemarin Pak saat habis instal patch terbaru … pas mau edit JJM pada tab Pembelajaran tidak bisa, yang tadinya di versi sebelumnya PJOK bisa di tambah kemarin mentok cuma 2.

Jawab  :
Pada v.2.0.3 sesuai kesepakatan bahwa utk JJM yang diinputkan dibatasi sesuai referensi yang telah diberikan oleh PDSP. Ini untuk mengantisipasi JJM berlebihan.

4.         Tanya   :            
Saya sudah sinkronisasi, dan berhasil, tapi data pada progress pengiriman tidak berubah, dan tidak ada perubahan lokal sehingga Peserta Didik dan PTK baru tidak bisa dipindahkan ke tabel utama! Kira-kira permasalahan itu pada apa pa?

Jawab  :
Untuk penambahan PD Baru dan PTK Baru memang belum bisa Pak. jika sudah pasti pada sinkronisasi berikutnya akan terisi otomatis.

5.         Tanya   :
Waktu Sinkronisasi : 1 menit Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed solusinya apa?

Jawab  :
Ini, masih di cek oleh team Pak. Mohon kesabarannya untuk mendapatkan solusinya.

6.         Tanya   :
Saya terkendala dalam entry nomor surat tugas Mas. Di sini hanya bisa untuk 20 digit, sedangkan nomor surat tugas itu lebih dari 20 Digit Mas. Gimana Solusinya Mas?

Jawab  :
Untuk "titik", "garis miring" dihilangkan saja pak. sehingga cukup. untuk update berikutnya nanti sudah diperpanjangan ukuran fieldnya.

7.         Tanya   :
Bug. Anggota rombel lewat aplikasi Ok, tapi di hasil konversi ke absen ada siswa nyasar di rombel lain, padahal lewat aplikasi rombel sudah sesuai.

Jawab  :
Iya Pak, untuk cetak Excel pada profil dan absensi sudah kami perbaiki. mungkin update selanjutnya sudah benar.

8.         Tanya   :
Untuk yg sudah terinstall versi 2.0.2 klo menambahkan patch 2.0.3 apakah disimpan di folder Dapodikdas atau di prefill Dapodik?

Jawab  :
Untuk tempat unduhannya terserah Bapak/Ibu. Namun pastikan destination install directory tepat pada directory aplikasi berada saat ini.

9.         Tanya   :
Pak kok sampe sekarang saya belum dapat kode registrasinya?

Jawab  :
Silakan tanyakan ke dinas kabkota. namun jika dari dinas bahwa kode registrasi belum ada. silakan untuk dinas kirim sekolah2 yg belum ada kode registrasinya ke email koderegistrasi@gmail.com. Dan jangan lupa cantumkan maksud dan tujuan. dan mungkin ini akan membutuhkan waktu. Karena kita juga harus ngecek ke data PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan).

10.       Tanya   :
Masih ada duplikasi data di luar kendali baik pada PD maupun pembelajaran yang sulit dihapus. Ada yang terotomatisasi semua PD jadi berkebutuhan khusus netra.

Jawab  :
Ini dikarenakan bug pada aplikasi versi sebelumnya Pak. sebelumnya kami mohon maaf. Silakan benarkan datanya kembali. Jadi untuk sekarang jika tidak mempunyai kebutuhan khusus dikosongkan saja pak. Terima kasih.

11.       Tanya   :
Untuk dapatkan patch v.2.0.3 di mana Pak?

Jawab :

12.       Tanya   :
Untuk JJM yang dientrykan di SD dan di SMP apakah ada petunjuknya dari jumlah jam perbidang study ngak Mas? Misal Guru Kelas 1 - 6 berapa jam, Agama dan Penjaskesnya.

Jawab  :
Oke pak nanti akan kami upload untuk maksimal JJM sesuai referensi dari PDSP. Jika sudah ada nanti akan kami upload dan umukan pada group ini.

13.       Tanya   :
Di tab Rombel, pada pembelajaran PTK, saya terlanjur menambah mata pelajaran wajib (Guru Kelas SD), pas mau dihapus kok tidak bisa, mohon solusinya.

Jawab  :
Iya Pak untuk Matpel Wajib tidak bisa dihapus (karena itu sudah sesuai kurikulum yang dipilih). Namun jika salah memilih PTK, tinggal diedit saja pak tidak usah dihapus.

14.       Tanya   :
Saya Operator SD, untuk peserta didik yang sudah lulus, kita registrasi keluar. Yang saya tanyakan sebelumnya perlu tidak dituliskan dulu Nomor SKHUN (nomor peserta ujian SD)?

Jawab  :
Pada aplikasi v.2.0.2 ke atas semua PD dan PTK yang sudah keluar tidak masuk validasi Pak. Silakan update versi aplikasi jika masih tervalidasi.

15.       Tanya   :
Saya udah ngentri datanya sudah hampir 90% tapi tiba-tiba muncul tampilan Objek Tidak ditemukan. Bagaimana solusinya agar tidak mengentri dari awal?

Jawab:
Silakan "Run", services.msc. kemudian cari service dengan nama DapodikdasDB. silakan klik start.

16.       Tanya   :
Yang duplikasi di pembelajaran gimana? Mapel tidak bisa dihapus jadi ganda, JJM guru jadi 2 x lipat, cuma bisa diedit jamnya saja.

Jawab:
PTK juga bisa di update Pak.

17.       Tanya   :
Pak kenapa pada jam mengajar tidak bisa 4 jam pembelajaran?

Jawab  :
Itu sudah sesuai referensi yg diberikan PDSP Pak, jadi maksimalnya memang segitu.

18.       Tanya   :
Pada database bawaan setelah install dan login, ternyata PTK Kepala Sekolah tidak ada, padahal di aplikasi 2012 Kepsek ada, lalu saya tambah ptk baru. sudah saya lakukan sinkronisasi satu kali dan berhasil. Pertanyaanya: Apakah saya tinggal menunggu PTK Kepsek masuk tabel? kapan saya harus sinkronisasi ulang?

Jawab  :
Iya Pak, tunggu saja. Memang untuk penambahan PTK Baru dan PD Baru masih belum bisa dilakukan.

19.       Tanya   : Pak mau tanya, kenapa data SDN……….. datanya hilang di Dapodik pusat padahal belum pernah sinkronisasi?

Jawab  :
Silakan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota. Nanti pihak dinas yang akan mengurus dan mengajukan ke pusat

20.       Tanya   :
Maaf pak, kalau PTK tersebut sudah Sertifikasi, otomatis PTK harus cukup jam saat melaporkan Dapodik, nah jika yang sertifikasi KaSek, maka otomatis sudah punya 18 jam , masih kurang 6 jam untuk sarat sertifikasi, PTK tersebut tercatat jam tambahan sertifikasi mengajar PKn di kelas 4, 5, 6. Kendalanya dalam Rombel > Pembelajaran kan tidak ada PKn, bagaimana supaya jam tambahannya pas/cukup dalam laporan Dapodik?

Jawab  :
Ada pak, silakan gunakan tombol Tambah.

21.       Tanya   :
Pengisian di v.2.0.3 pada menu Registrasi Siswa, Jenis Pendaftarannya hanya ada "Siswa Baru" dan "Pindahan", Apa yang harus diisi untuk Siswa-siswa yang sudah lulus dan Keluar, bukankah itu seharusnya hasil registrasi di semester kemarin.

Jawab  :
Isikan sesuai ketika PD tersebut masuk ke sekolah tersebut apa (siswa baru/pindahan) meskipun dia sudah keluar. untuk history bahwa PD tersebut pernah masuk dengan terdaftar sebagai apa.

22.       Tanya   :
Setelah upgrade V. 2.0.3 ketika masuk di bagian PD ketika registrasi tidak bisa masukkan angka 3 untuk naik kelas pada jenis pendaftaran (sepertinya untuk angka yang lain juga tidak bisa).

Jawab  :
Untuk registrasi memang hanya ada statusnya Pak. (Siswa baru dan pindahan). Untuk naik kelas silakan isikan pada anggota Rombel,

23.       Tanya   :
Saya kok tidak bisa sinkronisasi lewat V. 2.0.3 ya?

Jawab  :
Kami sarankan untuk sinkronisasi offline saja Pak. jika jam jam segini, server padat pengunjung.. :)

24.       Tanya   :
Kenapa tidak ada download Excel Peserta Didik/Ptk, agar mudah mengambil data peserta didik dan PTK digunakan untuk keperluan lain?

Jawab  :
Sedang dalam pengembangan Pak.

25.       Tanya   :
Apakah perlu pada isian PD selain data Ayah dan ibu ....untuk wali juga diisi .... masalahnya kalau tahun lahir tidak diisi (angka 0 dihilangkan) setelah ditutup lalu dibuka kembali kolom tersebut warna merah lagi, sedangkan untuk PD Pindahan kan bisa masuk tabel utama menunggu kolom berwarna merah itu hilang ....mohon pencerahannya.

Jawab  :
Jika memang tidak ada Wali, dikosongkan saja Pak, iya karena nilai default-nya 0. jadi silakan hapus saja. Mungkin pada update versi berikutnya akan kami perbaharui.

Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan OPS semuanya, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!


Artikel Terkait:

84 Komentar di "Tanya – Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas 2013 Versi Terbaru (V. 2.0.3) – Solusi Terbaru Dijawab Langsung Oleh Ahlinya"

  1. Bagaimana menambah siswa kelas 5 sd yang sudah terhapus ?

    ReplyDelete
  2. @ Arin Nur Falah : Apabila PD yang sudah tidak ada dalam tabel utama "Peserta Didik", serta tidak ada juga dalam daftar "PD Keluar", solusi sementara saat ini harus DIINSTALL ULANG APLIKASI, uraian selengkapnya, silahkan klik di sini…. Namun apabila PD tersebut masih ada pada daftar “PD Keluar”, untuk mengembalikannya, silahkan baca di sini…. Terimakasih

    ReplyDelete
  3. Trimakasih mas,,,,,sangat membantu kami sebagai OPS.....
    ditunggu Info terbaru mas.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih juga atas kunjungan dan komentarnya di sini... Semoga sukses...

      Delete
  4. Mas....Kenapa sejak kemarin aplikasi 2013 ini tidak bisa dibuka melalui serverx,padahal jaringan bagus dan hari rabu kemarin lancar2 aja kok sy buka.tapi sekarang macet lagi,tolong dong solusinya.terimakasih

    ReplyDelete
  5. kenapa setiap sinkronisasi selalu muncul sinkronisasi gagal contraint failled

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dibaca artikel ini Pak di link berikut Pak Pencerahan terkait batas akhir Dapodikdas 2013 Teriimakasih...

      Delete
  6. Kenapa prefill saya tdk bisa dgunakan, sehingga waktu regristasi kode tdk valid, tapi waktu di coba di komputer teman bisa di gunakan. Mungkin ada aplikasi yg blm ada di komputer saya untuk membaca prefil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang hal ini sudah terupdate di link ini Bu, silahkan klik berdasarkan permasalahan yang sedang Anda hadapi ==> Daftar isi seluruh artikel dalam blog ini Terimakasih...

      Delete
  7. mau tanya dulu knapa waktu mau di sinkronisasi muncul kalimat ini. E-Mail allready exist, Silahkan registrasi ulang. padahal uda registrasi ulang, tapi sama ja nda bisa di sinkron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga artikel ini bisa menjadi jawaban, Amiin... ==> Pencerahan terkait batas akhir Dapodikdas 2013 Terimakasih…

      Delete
  8. sinkronisasi tidak bisa dilakukan kalau semua data diisi terutama riwayat pendidikan PTK, jadinya kami melakukan sinkronisasi bertahap maksudnya selesai siswa di sinkronkan offline kemudian di upload ke server, selanjutnya PTK dan seterusnya. bagaimana kevalidan datanya pak mohon penjelasan karena kita sudah selesaikan semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terpenting invalid "0" dulu Pak, selanjutnya tunggu Patch v.2.0.4-nya dirilis, lihat penjelasannya di sini Pak ==> Pencerahan terkait batas akhir Dapodikdas 2013 Terimakasih…

      Delete
  9. selamat sore pak
    bagaimana jika dalam daftar peserta didik yang lanjutan semester saya ubah ke siswa baru???berpengaruh tidak?? kalo iya tolong solusinya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dirubah pada registrasi, sesuaikan dengan sebenarnya Bu... Terimakasih...

      Delete
  10. @ Siti Mahmudah : Sebatas yang saya ketahui saat ini, hal tersebut tentu tidak dibenarkan Bu, dikhawatirkan nantinya akan beresiko invalid maupun sinkronisasi tidak berhasil pada akhirnya... Terimakasih...

    ReplyDelete
  11. @ Natmuddin Najja : Terimakasih juga atas supportnya Mas… Goodluck…

    ReplyDelete
  12. @ Rizky Caem, Muhammad Azdar, Dewi RK, Penasaran : Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Bapak/Ibu semua, sudah saya ulas pada artikel-artikel terupdate blog ini. Terimakasih…

    ReplyDelete
  13. Assalam,,Pa..Gmana cara memvalidkan data PD yang udah dikeluarkan?krn data PD keluar tersebut udah ada dari data prefil dapodik 2012,trims

    ReplyDelete
  14. Mau tanya boss...cara merubah periode 2013 utk pesrt didik bagaimn??? mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting validasi invalid "0" dahulu Pak, Untuk proses selanjutnya tunggu patch v.2.0.4-nya saja, Lihat Penjelasan tentang hal ini Terimakasih...

      Delete
  15. pada saat registrasi slalu muncul "Kode Registrasi tidak ditemukan. Silakan cek Kode Registrasi"
    mohon bantuannya gan....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat pada daftar isi / sitemap blog ini Pak, artikel tentang hal ini sudah saya publikasikan, terimaksih...

      Delete
  16. kalau waktu di sync keterangan
    Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed
    gimana solusi nya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terpenting invalid "0" dulu Pak, selanjutnya tunggu Patch v.2.0.4-nya dirilis, lihat penjelasannya di sini Pak ==> Pencerahan terkait batas akhir Dapodikdas 2013 Terimakasih…

      Delete
  17. Disaat menambah PD diubah tampilan seperti pada tabel utama kok ndak bisa, padahal kita ingin memasukan data yang lebih lengkap, sedangkan pada form tambah itu hanya terdiri dari beberapa kolom saja, bagaiman ya caranya agar dapat diubah tampilannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah sinkronisasi dengan server Dapodikdas pusat, PD baru ke tabel utama Pak, terimakasih...

      Delete
  18. untuk jam mengajar kepsek knpa tidak terbaca 24 jam dan ptk kepala sekolahnya tidak ada pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila sudah dipastikan tersimpan dalam aplikasi dengan benar. Jangan dirubah-rubah lagi, Yang terpenting invalid "0" dulu Pak, selanjutnya tunggu Patch v.2.0.4-nya dirilis, lihat penjelasannya di sini Pak ==> Pencerahan terkait batas akhir Dapodikdas 2013 Terimakasih…

      Delete
  19. kalau untuk PTK yang mutasi bagaimana kang
    tidak bisa di masukin ke tabel utama
    sedangkan nanti rombel kosong tanpa PTK nya karena PTK tidak bisa masuk tabel utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mutasi sama seperti PTK baru Pak, jadi untuk sementara tersimpan didaftar tunggu dahulu, sebelum sinkronisasi berhasil. Terimakasih...

      Delete
  20. saya memasukkan jjm ptk 24, trus diganti 23 sesuai sk. tp ketika mau saya balik ganti 24 lagi tidak bisa. ada peringatan hanya maksimal 3 . solusinya gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila sudah dipastikan tersimpan dalam aplikasi dengan benar. Jangan dirubah-rubah lagi, Yang terpenting invalid "0" dulu Pak, selanjutnya tunggu Patch v.2.0.4-nya dirilis, lihat penjelasannya di sini Pak ==> Pencerahan terkait batas akhir Dapodikdas 2013 Terimakasih…

      Delete
  21. data ptk yang telah di isi bisa diprint dak, kalaw bisa bagai mana cara ngeprintnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, sampai dengan saat ini file yang bisa diprint adalah file yang dapat dieksport saja Pak, yakni Profil Sekolah dan Absensi PD. Terimakasih...

      Delete
  22. NPSN pada data dapodik 20013 tidak sesuai, bagaimana cara memperbaikinya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera koordinasikan ke Disdik Kab/Kota Anda untuk segera ditindaklanjuti tentang masalah ini ke manajemen Dapodik Pusat... Terimakasih...

      Delete
  23. mau nanya mas, saya sudah sinkronisasi dan telah berhasil, tetapi setelah di cek pada progres pengiriman, data sekolah saya belum terkirim, ini terlihat pada kolom waktu sync yang kosong. bagaimana solusinya pak? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backup dahulu Dapodikdas-nya, lalu sinkronisasikan kembali hingga muncul pada progress pengiriman dan tertera pula pada kolom synch aplikasi... Terimakasih...

      Delete
  24. Mau tanya, Mas. Kepala Sekolah di SD saya mengajar matematika dengan JJM 6 jam. Selanjutnya sebagai kepala sekolah dengan JJM 18 jam. Setelah didownload melalui profile, mengapa JJM kepala sekolah hanya matematika 6 Jam, kok tidak 24 jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dipastikan terlebih dahulu pada kolom tugas tambahan - Data Rincian - Jabatan PTK - 18 Jam/Minggu. Terimakasih Bu Teti...

      Delete
  25. Salam Kenal Pak, kalau untuk pengisian JJM BP/BK untuk SMP bagaimana caranya pak, kemudian berapa jam yg harus diisi? terima kasih.

    ReplyDelete
  26. saya sudah instal patch 204. tp jumlah jam pada rombel tidak sesuai dengan diprofil sekolah. di rombel 24 tapi diprofil 51. gmn solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan disync dulu Pak, setelah itu amati hasil sync pada login pengguna Dapodikdas... Thanks...

      Delete
  27. tolong kasih solusi kepada saya,kenapa setelah saya patch setiap saya login selalu muncul "objek tidak ditemukan".....tolong bantuannya

    ReplyDelete
  28. tolong kasih solusi kepada saya aplikasi dapodik saya setelah saya instal patch, setiap saya login selalu muncul "objek tidak ditemukan" kenapa ya?????

    ReplyDelete
  29. setelah melakukan singkronasi
    langkah selanjutnya apa kang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memperbaiki entry data dan pemetaan yang perlu dibenahi, backup data, lalu sych kembali dengan v.2.0.5 nanti Sob...

      Delete
  30. saya sudah instal patch 2.04, tp waktu mau save data rincian siswa tidak mau nyimpan sehingga data invalid saya tidak berubah...tolong pencerahannya mas...

    ReplyDelete
  31. slmt pagi mas,,mohon pncerahanya mas...gn
    saya sudah melakukan synkronisasi dan berhasil katanya sudh ter up to date..tgl synkron dan tgl slesai synkron pun sdh mncul pda aplikkasi..tapi kok PD baru dan PTK baru belum masuk ke tabel utama atw tidak tersynkron ke server pusat??
    trima ksh ats infonya

    ReplyDelete
  32. saya sudah melakukan sinkron dan sudah sukses kata aplikasinya tetapi di server koq gak masuk ya pemberitahuan klo kita sudah sinkronisasi, penyebabnya apa ya mas

    ReplyDelete
  33. PTK yang tidak aktif terlanjur dihapus dan sudah disingkron. setelah cek di progres pengiriman ternyata PTK Tersebut masih ada. bagaimana memperbaikinya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  34. Ronal
    Waktu Sinkronisasi : 10 menit Gagal Sinkronisasi karena Constrain Failed. Gimana nih Pak, tolong penjelasannya soalnya aq mau pindahin PD Baru ke tabel utama selalu gagal

    ReplyDelete
  35. Saya dian operator SDN 001 PETAPAHAN,yang saya mau tanyakan,kbtulan sya guru bahasa inggris jg di SD ini tp knpa jmlah jam mengajar sya tidak keluar ketika di unduh profil sekolahnya..???????n kepsek pun jg g ada jam berapa sminggu dia standby atau ngajar...mhon dijawab dunk sya bingung banget ne...ntr gara2 ne sya kena marah kepsek.......trus brapa jam sih muatan lokal untuk sekolah tu seharusnya..???????banyak guru mulok SD kami tidak ada terdaftar jam mengajarnya...sekali lagi mohon bantuannya y pak...

    ReplyDelete
  36. tanya pak, tiba-tiba Aplikasi dapodik saya tidak bisa diklik pada kolom sekolah,ptk pd dll hanya bisa muncul pada beranda
    sudah saya refresh berulang kali restrat bahkan shutdown, padahal saya menggunakan laptop baru
    SD saya juga sudah berhasil sinkron, setelah berhasil sinkron tersebut malah aplikasi jadi eror
    tolong bantuannya pak

    ReplyDelete
  37. Mas Dadang JSN, saya mau tanya ni apa bisa aplikasi dapodik 2013 ini back up kemudian copy dari win 7 ke wind 8 ya ? terima kasih sebelum mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja Pak Zainuddin..., namun untuk lebih amannya, silahkan diuji pada laptop/PC lainnya, namun khusus pada Windows 8 RT, aplikasi Dapodikdas 2013 tidak bisa running... Terimakasih...

      Delete
  38. Mas Dadang JSNW saya Oprator Dapodik SMPN 5 Taliwang KSB NTB. sudah puluh kali sinkrosasi selalu tampil Waktu Sinkronisasi : 49 detik
    Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed. ini gmn solusinya mas. terimasih sebelumnya

    ReplyDelete
  39. Saya OPS SMP. Saya mau pindahin PD baru ke tabel utama tapi selalu muncul perintah " Mohon pilih data yang gagal diserver ditandai merah " sementara aku periksa tidak ada tanda merah. Mohon penjelasannya Pak. Aku jadi bingung.

    ReplyDelete
  40. ass, saya punya maslah rombel dengan nama kelas VII-1 invalid dalam mengisi tingkat pendidikan, jenjang smp hanya mengisi 7s/d 9, bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  41. pak mengapa setelah saya selesai sync aplikasi dapodik yang kolom PTK,PD,Sarpras dll tidak bisa dibuka?

    ReplyDelete
  42. Pak Ketika saya sudah singkron saat versi 2.0.4, setelah singkron aplikasinya tidak mau lagi di buka menu-menu yang ada di atas bahkan logout juga tidak mau dan juga sudah ya ganti ke versi 2.0.5, sudah saya isntal ulang juga seperti itu, bagaimana solusinya itu pak? saya ingin memperbaiki data PTK tambahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak/Ibu OPS yang mengalami beberapa masalah-masalah di atas, Silahkan menggunakan tips ini Terimakasih…

      Delete
  43. Saya OP SD. Masalah saya begini. Saya punya murid pindahan di kelas 2. saran dari teman2 op agar dimasukkan ke tambahan siswa baru kelas 1 cuma th masuknya dibuat th 2012 ( bukan PSB 2013 ) untuk memudahkan agar bisa langsung masuk di tabel utama. Masalahnya sekarang siswa tsb setelah saya keluarkan dari rombel kelas 1 dan registrasinya sudah saya sesuaikan, tetap tidak bisa dipindahkan ke rombel kelas 2 ( ada penjelasan karena sudah terdaftar di rombel kelas satu.) Mohon solusinya bagaimana Pak ?
    Trima kasih .... !

    ReplyDelete
  44. Siang Mas. Mo nanya...
    Kenapa di Patch 2.0.5 di menu pembelajaran daftar nama guru yang ada di halaman 2 dan 3 tidak bisa muncul ya?
    Mohon Penjelasannya

    ReplyDelete
  45. Mau tanya Pak,, saya registrasi selalu muncul tulisan kode registrasi tidak ditemukan, padahal kode yang saya input sudah benar. Kadang kadang juga tidak muncul tulisan "kode registrasi tidak ditemukan", tetapim proses loadingnya lama sekali Pak, sampai 2x24 jam belum berhasil registrasi juga, ada tulisan please wait,,,,,mohon pencerahannya. Thanx

    ReplyDelete
  46. pak mungkin kesalahan saya padaawal nya...yang saya tanya masalah PTK pada laporan pengiriman jumlah PTK nya kok 71, Sedangkan di sekolah saya hanya 29.. bagaimana solusi memperbaiki nya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini terkait dengan perbaikan yang masih terus dilakukan pada server pusat Pak/Bu, asal cek profil sekolahnya sudah fix, insya Allah nanti akan dapat benar-benar tersinkronisasikan sesuai data pada aplikasi Dapodikdas 2013 sekolah kita masing-masing...

      Delete
  47. Klo sy lain lg wkt sdh patch 205 knp ptk kosong artix ptk sy datax tdk ad sm sekali. Cr mengembalikanx gmn p. Bgtpn dgn sarana prasaranax.. mhn bantuanx

    ReplyDelete
  48. sy jg sama pa...kenapa stelah instal patch 205 daftar PTK jadi kosong? mohon bantuannya jga pa....

    ReplyDelete
  49. sy menemukan masalah pada menu Pembelajaran, pada saat masukkan PTK ke menu Pembelajaran seharusnya menu 2 page kok hanya muncul page 1 aja, ada setengah nama guru yang tidak muncul,, jadi dimana tempat masalahnya?

    ReplyDelete
  50. Sama seperti sdr Saufi Yusuf, saya juga ingin cari PTK ke menu pembelajaran kok tidak ditampilkan padahal PTK telah ada di PTK umum. tolong agar permasalahan ini cepat clear.., makasih.

    ReplyDelete
  51. pak, kenapa salah satu PTK ada yang tidak muncul di pilihan "PEMBELAJARAN", sebab nya apa y pak dan bagaimana solusi nya?, mohon petunjuk

    ReplyDelete
  52. saya memiliki beberapa masalah dalam aplikasi dapodikdas antara lain:
    1. kenapa data siswa dan rombel tidak muncul di pendataan pusat padahal sinkronisasi berhasil?
    2. Kenapa saya mengupdate dengan v. 2.0.6 nama "Kepsek ilang" dan setelah saya ubah PTK yang Menjadi Kepsek Pada Tugas tambahanya juga tidak muncul? 3. apakah database untuk tiap aplikasi sama 2.34?
    mohon solusinya pak!

    ReplyDelete
  53. Roy
    Kenapa Pach versi terbaru 2.0.6 nggak bisa didownload pak.Padahal kita sudah buka websitenya tapi nggak connec.Tolong Pak, gimana caranya

    ReplyDelete
  54. pak saya mau nanya setelah saya update v.2.0.6 malah aplikasi saya hilang,,, mohon solusinya????. terimakasih,

    ReplyDelete
  55. Pak.. !" Saya mau menanyakan tentang Rombel, kenapa setelah di masukkan nama PTK pada Rombel tidak bisa Di Save, Padahal Jaringan Internet nya bagus,,, !!!"

    Mohon Pak Solusinya Segera,,, !!!"

    ReplyDelete
  56. Om Dadang, sinkronisasi berhasil tp data blm sesuai, jd sy sinkronisasi kembali. Setelah berhasil trnyta dta siswa kls 6 yg sdh lulus malah muncul kmbali d dta peserta didik, otomatis validasi pun bnyk merahnya lagi. Ada solusi ?

    ReplyDelete
  57. Pak...dapodik saya uda di sinkron dan BSDnya juga sudah di kirim, tpi sekarang ko dapodiknya ga bias di buka lagi ? terus tunjangan ptknya masih kosong semua, mohon solusinya pak.

    ReplyDelete
  58. pak dadang yg terhormat....gmn mengatasi siswa belum masuk rombel

    ReplyDelete
  59. pak dadang yang terhormat saya sudah mengunistall dapodik 206 tapi setelah saya mau menjalankan bsd 207 ndak bisa....? mohon bantuaanya....?

    ReplyDelete