Solusi Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 di Komputer/Laptop

Sahabat Operator Sekolah yang sedang berbahagia...

Menyikapi beberapa keluhan rekan-rekan sesama OPS yang kebetulan mengalami beberapa masalah /kendala dalam proses instalasi aplikasi Dapodikdas 2013, hingga perlu kerja keras yang berulang-ulang untuk dapat menginstal aplikasi Dapodikdas di komputer/laptopnya dengan sempurna;

Kegagalan-kegagalan dalam proses instalasi aplikasi Dapodikdas 2013 memang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya; spesifikasi komputer atau browser yang memang tidak support dengan aplikasi Dapodikdas 2013/2014, prosedur instalasi yang belum benar, kesalahan prefill, maupun kesalahan-kesalahan yang lainnya. Berhubung waktu yang singkat dan pengalaman yang minim.

Dalam kesempatan berikut saya coba berikan solusi berdasarkan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan bagaimana cara mengatasi instalasi aplikasi Dapodikdas 2013 pada komputer/laptop yang terus gagal.

Solusi/cara mengatasi kegagalan dalam menginstall aplikasi Dapodikdas 2013/2014 yang pernah saya alami sendiri hingga akhirnya berhasil terinstall dengan sempurna adalah sebagai berikut :

1.      Di drive “C” sudah ada file "prefill_dapodik" atau belum?
2.      Pada Kode registrasi perhatikan perbedaan antara huruf dengan angka, misalnya (**0***0*** : 0 = angka nol, bukan huruf “O”) atau (**9***9*** : 9 = angka 9, bukan huruf “g”), dan lain sebagainya.
3.      Urut-urutan langkah yang benar dalam instalasi Dapodikdas yakni instalasi dilakukan setelah di drive “C” ada “prefill_dapodik”nya yang ada file prefill (*.prf) di dalamnya, prefill ini berasal dari database sekolah Dapodik 2012 lalu, jika tidak maka sistem akan menganggap bahwa “username tidak terdaftar(teregister)”. Memang iya khan…???
4.      Apabila sudah terlanjur diinstall aplikasinya, prefillnya ternyata belum ada di C, langkah terbaiknya diuninstall (hapus aplikasi) Dapodikdas yang sudah ada melalui Control Panel (klik Start --> Control Panel --> Uninstall a Program --> klik Dapodikdas). “OPS yang gigih itu pantang menyerah…”
5.      Install kembali (setelah di drive “C” terdapat folder  “prefill_dapodik” yang berisi *.prf) sampai selesai.
6.      Sudah berhasil, alhamdulillah.
7.      Belum berhasil komentar di bawah. (@bercanda_se.di.kit.com).

Thanks… Good luck… Salam satu data berkualitas…!!!

Artikel Terkait:

11 Komentar di "Solusi Mengatasi Gagal Install Aplikasi Dapodikdas 2013/2014 di Komputer/Laptop"

  1. Pengalaman saya mau mengisi data PTK, saya berikan format isian yang diperlukan, lantas para guru berkomentar : untuk apa lagi ini, barusan kami mengisi padamu negeri, isinya yah seperti seperti ini juga, jadi kalian pikir tugas kami guru ini hanya mengisi-isi data saja, kami membuat persiapan mengajar, mengajar, membuat soal, mengkoreksi hasil ujian, membuat penilaian, menuliskan penilaian hasil belajar, mengadakan remedial, kayaknya kami enggak punya waktu haya untuk begini beginian saja terus.Coba bicarakan sama orang orang yang di atas sana diambil dari data padamu negerikan bisa." Saya hanay terdiam sedih, sudah nasib badan OPS

    ReplyDelete
  2. @Gunawan Nasution ==> Sebagai OPS saya juga berharap demikian, soalnya saya pun juga salah satu guru yang mempunyai tugas tambahan sebagai OPS, pagi harus mengajar, lalu sore dan malamnya harus menginput data sekolah, PD, dan PTK pada Aplikasi Dapodikdas 2013 ini, mungkin setelah Dapodikdas 2013 ini nantinya akan ada sinkronisasi serta integrasi dengan data yang telah ada di Padamu Negeri, termasuk juga dalam penerbitan NISN Peserta Didik kita. Dengan begitu PTK tidak akan berulang-ulang dalam menginput data-datanya. Dan secara pribadi, saya yakin…, cepat atau lambat pendataan yang terintegrasi akan segera terwujud.

    Pada Dapodikdas 2013 inipun telah disertai dengan data Prefill (database Dapodik 2012) sehingga dapat sedikit meringankan tugas-tugas OPS. Mengingat pentingnya Dapodikdas 2013 yang digunakan sebagai acuan utama Kemdikbud dalam penentuan kebijakan tunjangan profesi guru, program BOS, serta kebijakan penting pendidikan lainnya, semoga kita semua selalu antusias dalam mengakomodirnya. Hal ini tentu demi peningkatan kualitas sistem manajemen pendidikan di Indonesia itu sendiri. Salam edukasi untuk seluruh Bapak/Ibu Guru serta rekan-rekan OPS di sana Pak... Semoga sukses selalu… Amin…

    ReplyDelete
  3. Bagaimana cara mengatsi masalah kode registrasi tidak ditemukan saat registrasi awal, padahal kode tersebut bisa saya gunakan untuk mengunduh data prefill, mohon pencerahan.
    trims

    ReplyDelete
  4. @ Ovik : Untuk mengatasi masalah “Kode registrasi tidak ditemukan” paa saat registrasi awal aplikasi, solusi selengkapnya silahkan dibaca pada artikel update ini ==> Solusi Mengatasi “Kode Registrasi Tidak Ditemukan” Aplikasi Dapodikdas 2013/2014.

    Selanjutnya, tentang Kode Registrasi yang digunakan untuk mengunduh data prefill adalah Kode Registrasi Sekolah yang didapat dari Dinas Pendidikan Anda setempat, bukan dari aplikasi Bu…. Mengenai prefill dan cara mengunduhnya, silahkan klik di sini Terimakasih…

    ReplyDelete
  5. maaf mau tanya....
    instal sudah selesai, sekarang proses registasi, sdh di masukan nomor registrasi yang di kasih dari dinas tapi selalu muncul "registrasi salah, silakan periksa no registrasi anda"
    solusinya bagaimana....??

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. maaf mau tanya....
    instal sudah selesai, sekarang proses registasi, sdh di masukan nomor registrasi yang di kasih dari dinas tapi selalu muncul "registrasi salah, silakan periksa no registrasi anda"
    solusinya bagaimana....??

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. maaf mau tanya....
    instal sudah selesai, sekarang proses registasi, sdh di masukan nomor registrasi yang di kasih dari dinas tapi selalu muncul "registrasi salah, silakan periksa no registrasi anda"
    solusinya bagaimana....??

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  9. prefil sudah benar masih saja muncul " Kode registrasi tidak di temukan, silakan cek kode registrasi " solusinya apa yaaa....?

    ReplyDelete
  10. saya buka aplikasi dapodikdas versi 2.06, katanya sudah expire dan perlu diinstal ulang, disitu dibuat link untuk mendownload aplikiasinya. Setelah saya lik, kenapa dapodik yang mau diinstal tidak muncul di aplikasinya? padahal status internet sedang Online, mohon bantuannya ya pak.... trims

    ReplyDelete
  11. saya lihat di drive C data prefill dapodik sudah ada tersimpan, emaren saya instal versi terbarunya. Tapi setelah saya mau buka lagi, tetap saja yang munbul versi lama yang katanya sudah expire dan perlu di update. Setelah saya buka Link nya, dapodik versi terbarunya tidak muncul di aplikasi. Jadi apa yang mau di update kalau di aplikasi tidak muncul versi barunya??? mohon bantuannya ya pak................trims

    ReplyDelete