Sholat Dalam Al-Qur’an (Dalil/Dasar Hukum Kewajiban Sholat Bagi Muslim)

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Sholat : صلاة, adalah sebuah istilah penting dalam agama Islam yang mulai saya kenal dan dapatkan pelajarannya setahap demi setahap khususnya tentang sholat wajib 5 waktu yang terdiri dari sholat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya’ semenjak mulai kecil hingga beranjak tua saat ini baik dari lingkungan keluarga, sekolah, lingkungan masyarakat (mushola/masjid), maupun dari media massa dan elektronik. 

Semakin bertambah usia, semakin bertambah pula pemahaman saya akan pentingnya memahami hakikat dari sholat ini, sehingga dalam menjalankannya benar-benar dapat menjadi sebuah amal ibadah yang tidak sia-sia di sisi Allah SWT.

Pada akhirnya, saya mulai memahami bahwa kewajiban untuk senantiasa melaksanakan sholat ini benar-benar-benar tidak bisa ditinggalkan oleh seluruh umat Islam yang sudah baligh (dewasa), berakal atau sadar (tidak sedang gila/pingsan), dan suci (tidak sedang haid ataupun nifas) bagi wanita. Saking pentingnya kewajiban sholat ini, bahkan saat kita sakit parahpun, kewajiban sholat tidak akan pernah gugur karenanya.

Dalil (dasar hukum) dalam Al-Qur’an tentang Sholat, Allah SWT berfirman :

1.         QS. Al-Ankabut ayat 45;
وَاَقِيْمِ الصَّلَوةَ اِنَّ الصَّلَوةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرَ
        Artinya: “Kerjakanlah sholat sesungguhnya sholat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar.”

2.         QS. Al-Baqarah ayat 43;
 وَاَقِيْمُوْ الصَّلَىةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَوَارْكَعُوْامَعَ الرَّاكِعِيْنَ
         Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku’.”

3.         QS. Al-Baqarah ayat 110;
 وَاَقِيْمُوْ الصَّلَوْةَ وَآتُوْالزَّكَوةَ وَمَاتُقَدِّمُوْا لاَ نْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدُاللهِط اِنَّ اللهَ بِمَا
 تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
         Artinya : "Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan dapat pahalanya pada sisi Allah sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan."

4.         QS. An-Nuur ayat 56;
 وَاَقِيْمُوْ الصَّلاَةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَ وَاَطِيْعُوْ االرَّسُوْلَ لَعَلَكُمْ تُرْحَمُوْنَ
        Artinya : "Dan kerjakanlah sholat, berikanlah zakat, dan taat kepada Rasul, agar supaya kalian semua diberi rahmat."

Semoga dengan artikel kali ini, benar-benar dapat membangkitkan kembali kesadaran manusiawi kita untuk senantiasa menyempurnakan penghambaan diri kita hanya untuk Allah SWT semata, salah satunya dengan mendirikan sholat wajib (fardhu) 5 waktu secara terus-menerus baik dalam keadaan apapun, di manapun, dan kapanpun. 

Karena sesuatu hal besar yang pasti akan terjadi pada kita adalah kematian. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Sholat Dalam Al-Qur’an (Dalil/Dasar Hukum Kewajiban Sholat Bagi Muslim)"

Post a Comment