Cara Mengembalikan Peserta Didik Keluar Ke Peserta Didik Aktif / Tab Peserta Didik Dapodikdas 2013

Sahabat Operator Sekolah yang sedang berbahagia...

Mengingat banyaknya proses input data seluruh Peserta Didik khususnya bagi sekolah yang memiliki jumlah peserta didik relatif banyak bahkan sampai ratusan PD hingga terkadang membuat adanya kesalahan OPS yang tidak terduka dalam proses input/edit data yang berhubungan dengan Peserta Didik dalam aplikasi Dapodikdas 2013 ini. 

Kesalahan seperti ini, saya sendiri juga pernah mengalaminya pada awal-awal penginputan data Peserta Didik beberapa hari yang lalu yakni ketika Peserta Didik (PD) aktif ternyata tidak ada dalam halaman “Peserta Didik”, tetapi ada dalam kolom “PD Keluar”, lalu bagaimana cara mengatasi/mengembalikan PD (Peserta Didik) Keluar tersebut ke kolom “Peserta Didik” / peserta didik aktif, berikut langkah-langkah beserta gambarnya :


1.   Klik pada tab “PD Keluar”.

2.   Pilih salah satu Peserta Didik yang akan diaktifkan kembali (dikembalikan ke halaman/tab Peserta Didik).

3.   Klik ikon “Registrasi”.


4.   Setelah muncul halaman baru, terdapat 3 kolom isian “Diisi Saat Sudah Keluar” yakni “Keluar karena”, “Tanggal keluar”, dan “Alasan”. Lalu hapus seluruh isian yang terdapat dalam dua kolom tersebut, yakni dalam kolom “Keluar karena” dan pada kolom “Tanggal keluar”. lalu hapus seluruh isian yang tertera di kolom-kolom tersebut.


5.   Terakhir, klik “Save and Close”.

6.   Lihat pada tab “Peserta Didik”, bila Peserta Didik tersebut belum muncul dalam halaman itu, silahkan direfresh (klik f5) pada keyboard komputer/laptop Anda.

Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

7 Komentar di "Cara Mengembalikan Peserta Didik Keluar Ke Peserta Didik Aktif / Tab Peserta Didik Dapodikdas 2013"

  1. makasih infonya pak ... boleh naya ? kalo mengembalikan peserta didik yang terhapus dari daftar peserta didik bagaimana ? mohon pencerahan nya :) (ops.SDN 24 tebo)

    ReplyDelete
  2. @ Andy Wayand ==> Solusinya ada dua Pak :

    1. Jika siswa tersebut masih ada dalam daftar "PD Keluar". solusinya seperti dalam artikel di atas
    2. Jika PD yang sudah tidak ada dalam tabel utama, serta tidak ada juga dalam daftar "PD Keluar", solusi sementara untuk saat ini harus DIINSTALL ULANG APLIKASI, uraian selengkapnya, silahkan klik di sini…

    Terimakasih…

    ReplyDelete
  3. Gagal menyimpan RegistrasiPesertaDidik (kolom Jenis Pendaftaran harus diisi)

    sy sudah mencoba mengikuti cara di atas untuk mengembalikan peserta didik yang teregistrasi keluar. tp selalu saja keluar
    "Gagal menyimpan RegistrasiPesertaDidik (kolom Jenis Pendaftaran harus diisi)" mohon penjelasannya terima kasih.,,

    ReplyDelete
  4. @ SMP N 2 Arjasa : Pada akhir-akhir ini, sebagian Rekan-rekan OPS ditemukan masalah ini juga, khususnya bagi Peserta Didik yang dikeluarkan pada versi sebelumnya (v.2.0.2), tidak dapat dikembalikan ke tabel utama pada v.2.0.3 ini. Kita tunggu patch v.2.0.4 finalnya, semoga menjadi solusi. Terimakasih...

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Terimakasih juga telah setia mengunjungi blog ini Pak, semoga ada manfaat / berkah bagi kita semua... Amiin...

      Delete
  6. Pak, data periodik siswa tidak bisa disave. Ini terjadi hanya satu siswa yang awalnya terlanjur terhapus dan sudah dikembalikan lagi.

    ReplyDelete