Cara Mengatasi Kode "Registrasi Tidak Ditemukan Silakan Cek Kode Registrasi” Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Sebelum melakukan proses input data-data baru sekolah TP. 2013/2014 pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014, proses pertama kali tentu rekan-rekan OPS harus menginstall dahulu aplikasi Dapodikdas 2013 ini pada laptop/komputernya masing-masing. 

Namun dalam kenyataannya, masih banyak kendala-kendala yang saya sendiri sering menemui kejadian ini pada beberapa kawan-kawan OPS di sini, maupun dari komentar rekan-rekan OPS di blog personal saya ini. Masalah (baca : “tantangan”) tersebut terjadi ketika proses registrasi awal pada tampilan aplikasi Dapodikdas, kode registrasi awal tersebut tidak ditemukan.

Pada intinya, “Kode Registrasi Tidak Ditemukan” ini dikarenakan belum adanya database (prefilled / prefill) dalam folder “prefill_dapodik” pada drive “C”, SEBELUM PROSES INSTALASI DAPODIKDAS 2013 DILAKUKAN, PREFILL SEKOLAH HARUS SUDAH ADA PADA DRIVE “C” TERLEBIH DAHULU.

Oleh karena itu solusi paling efektif untuk mengatasi “Kode Registrasi Yang Tidak Ditemukan” pada saat proses registrasi awal apikasi adalah :

1.         Uninstall aplikasi Dapodikdas 2013, lalu siapkan “kode registrasi” untuk download prefill sekolah. Tutorial uninstall klik di sini...

2.         Buat folder baru pada drive C dengan nama folder “prefill_dapodik”, cara mendapatkan prefill Dapodikdas 2013, klik di sini. Penempatan prefill sekolah yang benar telah ada pada drive C, seperti pada gambar berikut :



3.         Sesudah prefill berada di drive “C”, selanjutnya install kembali aplikasi Dapodikdas 2013/2014 dengan versi yang terbaru saat ini (V.2.0.3), untuk download installer klik di sini..., dan tutorial installasi, klik di sini...
4.         Setelah installasi berhasil, silahkan registrasi kembali, semoga berhasil.


5.         Selesai

Demikian cara mengatasi masalah “Kode Registrasi Tidak Temukan” pada awal proses registrasi saya share melalui blog ini. Semoga bermanfaat, terimakasih… Salam satu data berkualitas...!

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Cara Mengatasi Kode "Registrasi Tidak Ditemukan Silakan Cek Kode Registrasi” Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"