Cara Mengatasi Invalid Yang Tetap Tidak Berkurang / Tidak Berubah Pada Validasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia... Di sela-sela kesibukan saya dalam menginput data-data terkait sekolah ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013 ini, saya akan sempatkan untuk berbagi/share pengalaman kurang menyenangkan (jelasnya, saya itu kurang pengalaman, hehehe…), mungkin di antara teman-teman OPS ada yang mengalami kejadian seperti yang saya alami, yakni data invalid tidak berkurang (tidak berubah), padahal pada bagian yang dinyatakan “invalid” pada halaman “Validasi” aplikasi Dapodikdas 2013/2014 tersebut sudah diinput atau diedit dengan seoptimal mungkin. 

Oleh karena itulah saya tergugah untuk menulis artikel singkat mengenai tips/solusi bagaimana mengatasi “invalid” yang tidak berkurang ini.


Oke langsung saja, karakter penyimpanan dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada setiap bagian-bagiannya berbeda-beda, contohnya sistem penyimpanan satu kolom isian langsung di “Save” (simpan), contohnya : edit PTK, dan ada pula yang karakter penyimpanannya dalam satu baris sekaligus (setelah seluruh kolom isian sudah terisi, baru dapat disimpan), contohnya pada “Tambah Rombel”). Tentu hal ini sifatnya tidak mutlak bukan? Mungkin sebagian besar teman-teman OPS tidak mengalami seperti apa yang telah saya alami ini bukan…? Kembali lagi, saya adalah OPS yang kurang pengalaman, namun tetap mau untuk terus belajar kok.

Waktu saya mengalami kejadian ini (invalid tetap tidak berkurang atau tidak berubah) setelah divalidasi pada halaman beranda aplikasi Dapodikdas 2013/2014, saat itu salah satu PTK yang telah saya input seluruh data-datanya pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 dan tentu saja telah saya simpan / “Save”, namun kembali dan kembali lagi di validasi tetap dinyatakan invalid pada kolom TMT dan SK CPNS, dan di sinilah saya bolak-balik cek ke halaman edit PTK yang bersangkutan (PTK yang sudah aktif tentunya), ternyata memang sudah terisi semua, dan akhirnya saya jadi bingung. 

Sempat browsing ke sana kemari, namun belum juga ketemu dengan solusi, selanjutnya dengan penuh spekulasi, saya klik “logout”, klik “login lagi”, klik “PTK”, klik pilih salah satu PTK, klik “Ubah”, langsung saya input ulang “SK CPNS” – lalu klik “SAVE”, input ulang “TMT CPNS” – lalu klik “SAVE”, input ulang “TMT PNS” – lalu klik “SAVE” lagi.

Kemudian saya cek lagi pada halaman utama aplikasi Dapodikdas 2013/2014, dan ternyata dalam data invalidnya “PTK bersangkutan telah valid (tidak ada lagi keterangan invalid PTK tersebut), alhamdulillah.

Jadi intinya, apabila di antara teman-teman OPS ada yang mengalami kejadian seperti ini, salah satu solusinya adalah dalam setiap input data khususnya PTK dan Peserta Didik diinput satu demi satu dengan di klik “Simpan” / “Save” pada setiap kolom isiannya (setelah isi satu kolom isian, klik “Save” / “Simpan”, begitu seterusnya), tentu saja ini perlakuan ini hanya untuk beberapa data “PTK” ataupun “Peserta Didik” yang ada dalam daftar “Invalid” setelah “divalidasikan”. Berikut saya share juga info terupdate tentang cara mengatasi data berganda ataupun invalid pada PTK yang tetap muncul pada menu validasi, seperti pada artikel berikut :
CARA / SOLUSI MENGATASI VALIDASI PTK YANG TETAP MUNCUL INVALID, PADAHAL DI TABEL UTAMA PTK TERSEBUT SUDAH DIEDIT SEMPURNA (SUDAH TIDAK ADA PTK)

Berhubung pada hari ini masih ada beberapa Rekan OPS di daerah saya yang masih mengalami permasalahan terkait adanya invalid yang tetap muncul di tombol validasi aplikasi Dapodikdas 2013. Padahal dirasa telah diedit keseluruhan data PTK-PTK yang ada di tabel utama PTK. Tutorial singkat ini sekaligus untuk menjawab pertanyaan dari Rekan OPS melalui komentar pada blog personal saya ini.

PTK yang tetap muncul pada menu validasi (PTK invalid) disebabkan memang sebenarnya data PTK tersebut masih ada pada tabel utama PTK, namun dikarenakan pada v.2.0.6 menurut pemahaman saya telah ditambahkan beberapa fitur yang tentunya lebih baik daripada versi-versi sebelumnya. Apabila Rekan sudah merasa edit seluruh PTK yang ada pada tabel utama, ini sama sekali tidak akan mengurangi jumlah invalid PTK tersebut.

Yang tentu menjadi pertanyaan adalah, di mana PTK yang invalid itu ada, sehingga tidak dapat diedit / diperbaiki karena data PTK yang invalid tersebut tidak ada dalam tabel utama. Sebagian yang lain pun mengalami data PTK yang berganda, padahal pada tabel utama PTK tersebut hanya 1 (satu) dan tentunya sudah dengan status valid (hijau) bukannya invalid (merah).

Oke…, langsung saja ke pokok pembahasan. Sebenarnya PTK yang invalid pada saat divalidasi tersebut masih ada, dan inilah cara memunculkan data PTK yang invalid yang disebabkan adanya PTK yang belum diedit secara sempurna ataupun adanya beberapa PTK yang datanya ganda karena memang tidak muncul pada tab utama PTK aplikasi Dapodikdas 2014. Dan pertanyaan selanjutnya tentu, bagaimana cara memunculkan data PTK yang muncul pada validasi dengan keterangan invalid sehingga data-data invalid yang berhubungan dengan PTK tersebut dapat kita edit dari tab utama PTK.

Berikut cara singkatnya untuk memunculkan kembali data PTK tersebut sehingga bisa kembali diedit untuk menghilangkan invalid-nya :

1.   Klik pada tab “PTK


2.   Klik lebih dari 1 x dengan tempo sekitar 3 detik pada tombol “Tampilkan Penugasan PTK yang Kosong”.

3. Setelah seluruh daftar PTK-PTK dengan “stsmerah muncul, selanjutnya pilih PTK yang akan diedit / diperbaiki data-datanya, atau dihapus saja langsung apabila data PTK ganda (lebih dari 1).

4.   Selesai, silahkan cek kembali pada tombol "Validasi".

Demikian tips singkat mengenai cara mengatasi masalah invalid khususnya pada data PTK pada aplikasi Dapodikdas 2013. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam satu data berkualitas..!

6 Responses to "Cara Mengatasi Invalid Yang Tetap Tidak Berkurang / Tidak Berubah Pada Validasi Dapodikdas 2013/2014"

  1. bagaiman setelah semua invali tinggal 0 tapi tetep mau sinkronisasi lewat aplikasi lama sekali baru masuk cek koneksi..padahal koneksi bagus

    ReplyDelete
  2. cara mengatasi sincronisasi yang cuma cek koneksi terus gak sampai sinkronisasi bagaimana caranya

    ReplyDelete
  3. @ Ariep Trie : Jika memang koneksi internetnya bagus, coba kembali proses sinkronisasi data Dapodikdas 2013-nya via "sinkronisasi manual" saja dulu. Tutotial mengenai Cara Sinkronisasi Manual Dapodikdas 2013, silahkan klik di link ini…... Terimakasih...

    ReplyDelete
  4. ini saya sudah perbaiki data yang invalid berkali-kali pada peserta didik untuk memasukkan no SKHUN ny, padahal sudah berhasil diperbarui, tapi saya validasi tetep invalid lg... tinggal 2 nama ini aja yg invalid... mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  5. saya mengisi sarpras dan sewaktu mengisi data periodik sarana malah error dn gagal simpan mohon pencerahannya
    error nya seperti ini :
    (SQLSTATE[XX001]: Data corrupted: 7 ERROR: could not read block 1 in file "base/16384/17460": read only 0 of 8192 bytes)

    mohon pencerahannya ya pak...
    makasih
    mohon replynya di lync.punk24@gmail.com
    SUKSES!

    ReplyDelete
  6. saya memindahkan anak tiap rombel tapi malah gni terus hasilnya.... sudah saya coba d install ulang tpi hasilnya ga ada perubahan....
    Gagal menyimpan AnggotaRombel (SQLSTATE[XX001]: Data corrupted: 7 ERROR: could not read block 2 in file "base/16384/16457": read only 0 of 8192 bytes)

    ReplyDelete