Cara Entry / Input Data Yang Benar dan Paling Aman Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Tahapan-tahapan dalam proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini memang sangat berbeda dengan entry data pada aplikasi Dapodik 2012/2013 yang lalu, dan yang jelas menurut saya, kesulitan dan kerumitan pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini lebih tinggi serta kompleks jika dibandingkan dengan aplikasi Dapodik 2012/2013. 

Proses tersebut mulai dari proses installasi, spesifikasi/jenis komputer/laptop, browser yang digunakan untuk menampilkan local host aplikasi harus support (sesuai/mendukung), adanya data prefill, dan lain sebagainya.

Namun alhamdulillah, akhirnya aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini juga dapat juga terinstall serta dapat beroperasi di laptop saya dengan baik, namun tidak sampai di situ, kesulitan-kesulitan terkait input data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, maupun peserta didik, masih banyak hal yang belum secara sempurna saya pahami. 

Oleh karena itu selayaknya teman-teman OPS, tak terkecuali saya juga harus memperhatikan tahapan-tahapan yang benar sekaligus paling aman yang harus kita selesaikan dahulu (bekerja dengan skala prioritas) dalam proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014.

Berikut tahapan-tahapan yang harus kita selesaikan dari awal hingga proses akhir yang saya simpulkan dari beberapa sumber, salah satunya dari “masternya aplikasi Dapodikdas” Sdr. Obengs Bunhaw Langlang Buana dalam proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013 :

TARGET SEMENTARA YANG HARUS DISELESAIKAN :

1.      Selesaikan data yg masih invalid, hingga pada validasi – invalid “0”.
2.      Melengkapi data sementara.
3. Memasukan PD (Peserta Didik) dan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang baru di ruang tunggu (kecuali kelas 1 SD bisa langsung dimasukan ke tabel utama dan dilengkapi datanya).
4.      Sinkronisasi sementara (tahap pertama).

TARGET TAHAP PENYELESAIAN :

1. Memasukan PD (Peserta Didik) dan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang ada di ruang tunggu ke tabel utama.
2.      Mendaftarkan/registrasi/penugasan yang baru masuk ke tabel utama.
3.      Melengkapi data PTK dan PD yg baru masuk ke tabel utama.
4.      Pengaturan Rombel tahap akhir (secara keseluruhan).
5.      Lakukan sinkronisasi data yang sudah sempurna/terbaru.

Target-target yang telah diuraikan secara urut dari mulai tahap yang pertama selanjutnya hingga tahap paling akhir dalam rangkaian proses entry data pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 di atas, semoga dapat menjadi acuan program kerja yang benar dan aman bagi rekan-rekan OPS hingga tuntas dan berkualitas nantinya. Amin… Semoga bermanfaat, terimakasih… Salam satu data...!

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Cara Entry / Input Data Yang Benar dan Paling Aman Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014"

  1. pak mhn pencerahan dong, bagaimana cara menghilangkan nama KEPSEK yang dobel di Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) setelah menggunakan pacth 2.04.terimkasih

    ReplyDelete