Aplikasi Dapodikdas Versi 2.0.3 Memperbaiki Fasilitas Ataupun Problem Sinkronisasi Pada Versi-Versi Sebelumnya

Sahabat Operator Sekolah yang berbahagia...

Setelah kita menginput data-data terkait sekolah, PTK, maupun Peserta Didik dengan menggunakan aplikasi Dapodikdas pada versi-versi sebelumnya, ternyata masih banyak terkendala hal-hal teknis yang saya pribadi pun tidak dapat menyimpulkan penyebab spesifiknya. 

Dan alhamdulillah, mulai tanggal 30 Oktober 2013 ini, versi terbaru untuk memperbaiki sebagian besar kekurangan-kekurangan yang ada pada aplikasi Dapodikdas versi yang sebelumnya.

Perbaikan-perbaikan fasilitas aplikasi pada versi terbaru Dapodikdas 2013 (versi 2.0.3) ini mencakup hal-hal sebagai berikut :

1.         Penambahan fasilitas export profil,
2.         Export absensi,
3.         Perbaikan problem sinkronisasi yang blank dan,
4.         Sinkronisasi dari aplikasi langsung.

Keluhan utama pada versi-versi sebelumnya adalah banyak rekan-rekan OPS yang mengalami problem sinkronisasi yang terus-terusan muncul 'wait' dan juga blank (tampilan kosong) pada tampilan sinkronisasi, dan maka di versi ini sudah diperbaiki.2.0.3 (build 301013).

Kemudian, hal penting yang harus kita perhatikan ketika akan mengupgrade aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ke versi terbaru versi 2.0.3 ini adalah dengan cara upgrade aplikasi dengan menggunakan install patch saja, bukan dengan install ulang aplikasi yang akan menyebabkan seluruh entry data baru selain bawaan prefill akan hilang. Untuk download patch serta tutorial patch / upgrade versi 2.0.3 aplikasi Dapodikdas 2013/2014 selengkapnya, silahkan klik di siniSemoga bermanfaat, terimakasih…

Referensi utama : http://118.98.166.59

Artikel Terkait:

9 Komentar di "Aplikasi Dapodikdas Versi 2.0.3 Memperbaiki Fasilitas Ataupun Problem Sinkronisasi Pada Versi-Versi Sebelumnya"

  1. apakah melakukan sinkronisasi harus terhubung dengan internet....???? mohon pencerahannya....

    ReplyDelete
  2. @ SDN Karet 1 : Iya benar, internet diperlukan sebagai media sinkronisasi dengan server Dapodikdas di pusat sana Pak... Terimakasih...

    ReplyDelete
  3. 1. Sering tampil layar putih saat mengedit atau saat klik tombol save.
    2. Selalu muncul pop up "Mohon pilih data yang gagal ditemukan di server (ditandai merah)" saat akan memindah tambahan peserta didik ke tabel utama
    3. Di tampilan pembelajaran rombel terdapat tampilan macam" matpel wajib. Begitu pula saat klik tombol tambah, muncul pop up "Matpel Wajib (Tambahan max. 4 Jam)." Apa beda keduanya?
    4. Saat ditambahkan dan diisi, "Matpel Wajib (Tambahan max. 4 Jam)" tsb malah bisa lebih dari 24 jam, padahal jelas kalau tambahan maximalnya cuma 4 jam
    5. Matpel pembelajaran rombel tidak bisa dihapus
    6. Ada nama guru (di pembelajaran rombel) yang tidak tertera di daftar nama-nama guru yang tampil setelah loading. Padahal, guru yang bersangkutan statusnya tidak ada merahnya di isian PTKnya.
    7. Selalu constraint failed saat sinkronisasi

    Ironisnya masalah-masalah tsb justru muncul di aplikasi dapodikdas 2013 v2.0.3 yang katanya untuk memperbaiki fasilitas ataupun problem di aplikasi terdahulu. Jaringan inet oke, spesifikasi komputer sudah memenuhi syarat+sudah dicoba di mozilla, chrome ataupun IE, tetap saja masalah-masalah tsb muncul. Mohon penjelasan, petunjuk dan solusi mengingat deadline sebentar lagi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. @ Dunia Silam : Kita bersama-sama tunggu patch pasca v.2.0.3 ini Pak, diharapkan dapat mengatasi segala problem-problem yang cukup kompleks saat ini. Untuk artikel-artikel saya selanjutnya akan saya coba ulas tentang hal-hal yang terkait dengan pertanyaan-pertanyaan Anda. Terimakasih...

    ReplyDelete
  5. kapan pak patch pasca v.2.0.4 belum tenang ne pak kalo belum di sinkronisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepastian tentang kapan dirilisnya, saya sendiri sampai saat ini belum tahu juga. Terimakasih...

      Delete
  6. jadi solusinya gimana pak?, cara mengembalikan versi sebelumnya gmna pak, tdiny kmi v.2.0.0 terus kami patch ke v.2.0.3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah dikembalikan ke versi lama Pak, kita tunggu saja Patch yang baru... Thanks...

      Delete
  7. maaf sebelumnya saya dari sdit annadzir setelah update pake pacth 204 saya kesulitan pada saat membuka aplikasi mengalami error obyek tidak ditemukan itu apanya ya pa ?

    ReplyDelete