Kumpulan Kata-Kata Motivasi, Nasehat Bijak dan Hikmah Bagian 3

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Dalam beberapa kesempatan, dalam sebuah situasi dan keadaan adakalanya terbesit sesuatu kalimat bijak yang terlintas dalam hidup saya yang sebagian besar telah saya jadikan status di Facebook saya. 

Sengaja saya share di sini, semoga bermanfaat bagi kita semua… Aamiin…

Berikut kata-kata motivasi, nasehat bijak dan hikmah bagian III (ketiga) :


1.   Segala keluh kesah, ratap tangis, dan duka lara atas segala kejadian duniawi menunjukkan bahwa kita masih sangat butuh pemahaman akan hakikat kesabaran dan keikhlasan hingga dapat menerapkan keduanya dalam setiap momen kehidupan. (DJSN)

2.   Selalu membuka diri akan segala kebodohan diri di tengah-tengah hamparan ilmu akan selalu membuka tabir kefahaman dan hakikat kehidupan. (DJSN)

3.   Berencana tanpa pembelajaran ataupun tindak lanjut selalu mengajak kita kembali ke tempat semula. (DJSN)

4.   Gali dan terus galilah imajinasi, setelah itu tutuplah setiap galian tersebut dgn realisasi. (DJSN)

5.   Cinta tak terbalas itu jauh lebih mudah dilupakan daripada cinta berbalas yang tidak bisa kita pertanggungjawabkan. (DJSN)

6.   Setiap hubungan yang tidak dilandasi dengan kepercayaan itu tak layak untuk dilanjutkan. (DJSN)

7.   "Yang mudah dipersulit" itu sering menjadi faktor penghambat kemajuan. (DJSN)

8.   Laki-laki itu berani berbuat sekaligus berani menerima segala resiko dan akibat/konswensinya dengan sepenuh-penuhnya tanggung jawab. (DJSN)

9.   Beritahu apa saja kekuranganku dan beritahu pula bagaimana caranya memperbaiki itu, maka engkau pasti masuk pada daftar "orang-orang penting" dalam hidupku. (DJSN)

10. Berburuk sangka itu perlu, khususnya untuk golongan iblis cs. (DJSN)

11. Kedewasaan dan kebijaksanaan dalam hidup sering aku temui pada orang-orang yang memiliki cerita tentang latar belakang kehidupannya yang “mengiris hati”. (DJSN)

12. Insan yang cerdas itu selalu bertindak berdasarkan skala prioritas, tuntas, dan berkualitas. (DJSN)

13. Penuntut ilmu sejati akan selalu senang ketika ia berada bersama dengan orang-orang yang lebih pintar di sekelilingnya. (DJSN)

14. Performa terbaik dalam penyelesaian tugas ataupun pekerjaan itu ketika mereka dianggap tidak menjadi beban, melainkan sebagai hiburan. (DJSN)

15. Alat manual mau hasil yang profesional, sepertinya masuk akal tapi akan sering tertinggal. (DJSN)

16. Jodoh itu jarang datang dengan sendirinya, tetapi ia harus dijemput atau diantar keluarganya. (DJSN)

17. Orang pandai yang mengaku bodoh itu menunjukkan kebijaksanaannya, sedangkan orang bodoh yang mengaku pandai itu memperlihatkan kedunguannya. (DJSN)

18. Waktu aku masih kerja berat dulu, sering merasa lelah fisikku hingga akhirnya suntuk pula pikiranku, dan setelah kerja ringan kini, sering kurasa suntuk pikiranku hingga akhirnya terasa lelah juga fisikku. Ternyata sama juga konskwensi dari segala profesi itu, yang penting halal dan ikhlas, insyaAllaah hasil terbaik akan didapat beserta berkah-berkahnya. (DJSN)

19. Karena dalam kehidupan ini sebagiannya tak pasti, maka beranilah mengekspresikan diri untuk berspekulasi. (DJSN)

20. Yang tetap menjaga kesopanan dalam bersikap dan berkata dengan siapapun itu tidak termasuk orang munafik. (DJSN)

21. Tetap bisa tersenyum dalam duka dan masih sanggup tertawa dalam luka, keduanya menjadi tanda bahwa kita telah dewasa. (DJSN)

22. Pesimis ataupun optimis itu tidak selalu menjadi salah satu faktor utama kesuksesan. Persiapan dan kesempatanlah yang sering menentukan. (DJSN)

23. SUKSES yang luar biasa itu sering memihak seseorang yang ada niat, punya tekad, dan berani NEKAD. (DJSN)

24. Teman ataupun saudara itu tiada beda ketika ketulusan hati yang berbicara. (DJSN)

25. Setiap keringat yang telah menetes dalam sesi-sesi perjalanan hidup kita jadi pengalaman tersendiri tanpa petuah dari ahli bijak manapun. (DJSN)

26. Menjadi pribadi galak yang ditakuti itu lebih mudah daripada menjadi pribadi BIJAK YANG DISEGANI. (DJSN)

27. Pada dasarnya semua hati manusia mempunyai esensi penciptaan yang sama serta telah tertanam sejuta rasa, damai, cinta, dan kasih yang sama pula. Namun karena keadaan hidup yang tak sama, membuat mereka berbeda. (DJSN)

28. Pribadi yang rendah hati itu selalu mempunyai alasan-alasan untuk tidak mungkin akan sombong. (DJSN)

29. Jika kedisiplinan dan konsistensi dalam tindakan tidak semakin ditingkatkan maka impian akan semakin menjauh dari kenyataan. (DJSN)

30. Hati yang lembut akan mudah tersinggung dengan segala sesuatu yang menyenangkan ataupun yang menyakitkan. (DJSN)

31. Penyesalan yang baik adalah menyesali segala perbuatan tidak baik yang terlanjur dilakukan. Dan penyesalan yang tidak baik adalah melakukan kembali kesalahan yang sudah disesalkan. (DJSN)

32. Dalam keadaan sulit ataupun sakit, hal termudah yang bisa dilakukan serta tak akan sia-sia adalah do'a-do'a. (DJSN)

33. Untuk mewujudkan karya seni berkualitas tinggi selalu menyita banyak energi, waktu yang relatif lama, dan pengerahan hampir segala sumber daya yang tersisa, bila tidak, maka sebuah karya itu akan menjadi biasa-biasa saja. (DJSN)

34. Para pecinta kebijaksanaan akan diam dalam perdebatan serta tetap tenang di tengah perbedaan karena ia sibuk dalam mendamaikan pikiran dan perasaannya. (DJSN)

35. Tempat paling berbahaya di dunia ini ada pada keraguan-keraguanmu dan tempat terangkernya ada di dalam ketakutan-ketakutanmu. (DJSN)

36. Belajar menjadi jalannya pemahaman ilmu dan membaca adalah jembatannya. (DJSN)

37. Di mana ada rasa malu, di sana pasti ada kesopanan. (DJSN)

38. Berbeda selera dan beraneka rasa itu biasa, dan mau duduk bersama dalam satu meja itu yang luar biasa. (DJSN)

39. Persahabatan sejati selalu memaafkan kesalahan-kesalahan kecil sahabatnya dan mengecilkan masalah-masalah besar di antara keduanya. (DJSN)

40. Karena kelangkaan manusia-manusia yang berani mengakui kesalahan-kesalahannya di hadapan penegakan hukum dunia menyebabkan perahu-perahu kecil idealisme tenggelam dan terdampar di lautan materialisme yang luas. (DJSN)

41. Jika terbesit rasa benci dengan orang lain, ingatlah akan kebaikan-kebaikannya, jika tak menemukan kebaikan padanya, lihat keburukan dan kekurangan diri yang harus segera diperbaiki. (DJSN)

42. Sambut segala musibah dan kerugian yang datang dengan iman, kesabaran, dan introspeksi diri sebagai peringatan telah melimpah ruahnya nikmat dan berkah yang telah lalai kita syukuri. (DJSN)

43. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan dan kekurangan, tapi bukan berarti mereka tidak boleh menyuarakan kebenaran. (DJSN)

44. Setiap keterbatasan memberitahukan kelemahan, setiap kelemahan memberitahukan kekurangan, setiap kekurangan menasehatkan betapa tidak berartinya segala kesombongan. (DJSN)

45. Keegoisan cenderung menerima kelebihan-kelebihan, dan yang rela menerima kekurangan-kekurangan adalah cinta kasih. (DJSN)

46. Kawan-kawan lama selalu membawa kenangan, kawan-kawan baru selalu menambah pengalaman. (DJSN)

47. Peduli itu sering lebih sulit daripada tanggung jawab. (DJSN)

48. Terkadang ide-ide besar yang tak dianggap itu datang dari orang-orang kecil. Ide-ide besar diberikan oleh Allaah SWT hanya kepada dirinya, dan bukan kepada orang lain, karena inilah cara Tuhan untuk MEMBESARKANNYA. (DJSN)

49. Mau lebih baik itu relatif mudah yakni TIDAK MELAKUKAN KEBIASAAN-KEBIASAAN BURUK LAGI SEKARANG. (DJSN)

50. Reputasi, kompetensi, dan intelegensi yang baik itu penting ada pada setiap pemimpin, tapi yang terpenting adalah KEBIJAKSANAAN. (DJSN)

0 Response to "Kumpulan Kata-Kata Motivasi, Nasehat Bijak dan Hikmah Bagian 3"

Post a Comment